kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45713,17   19,32   2.78%
  • EMAS908.000 -0,11%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.39%

Holding Tambang MIND.ID membeli 20% saham INCO, ini pendapat analis


Senin, 07 Oktober 2019 / 20:40 WIB
Holding Tambang MIND.ID membeli 20% saham INCO, ini pendapat analis
ILUSTRASI. Pertambangan nikel PT Vale Indonesia Tbk (INCO)

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah menunjuk holding pertambangan BUMN, yakni MIND ID (sebelumnya bernama Inalum) untuk menyerap 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO). Hal itu dinilai akan berdampak positif bagi prospek bisnis keduanya.

Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji menilai INCO memiliki prospek positif dari sisi korporasi. Hal itu terlihat dari sejumlah rencana ekspansi bisnis yang dilakukan INCO guna memperbesar kapasitas produksi nikel mereka ke depan.

Baca Juga: Pemerintah resmi meminta Holding Tambang MIND.ID membeli 20% saham INCO

"Kalau dilihat dari sisi analisis teknikal, dalam jangka panjang itu bagus," kata Nafan saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (7/10).

Selain menunaikan kewajiban divestasi, kata Nafan, transaksi tersebut akan memberikan dana segar untuk INCO dalam menunjang rencana bisnis perusahaan nikel tersebut.

"Hasilnya bisa untuk menunjang ekspansi bisnis INCO, dan itu bisa berpotensi menghasilkan kinerja fundamental yang lebih positif lagi," sambung Nafan.

Sedangkan terkait penyerapan 20% divestasi saham oleh MIND ID, Nafan menilai hal tersebut bisa lebih memberikan kepastian berusaha bagi INCO lantaran bisa bekerja sama dengan holding pertambangan plat merah.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Riset Kresna Sekuritas Robertus Yanuar. Menurut Robertus, adanya unsur BUMN seperti MIND ID ke dalam struktur kepemilikan INCO bisa meningkatkan kepastian bisnis.

Baca Juga: INCO, Antam dan ZINC Yakin Bisa Mencapai Target Tahun Ini premium

"Juga terkait dengan perpanjangan kontrak ijin kerja dan usaha ke depannya," ungkapnya.

Sementara dari sisi MIND ID, Nafan Aji mengatakan bahwa dengan menyerap 20% saham INCO, holding tambang BUMN bisa lebih mudah untuk mengamankan agenda hilirisasi nikel yang merupakan komoditas penting bagi pengembangan kendaraan listrik.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×