kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga tender offer IDKM Rp 900


Senin, 23 Mei 2011 / 08:30 WIB
Harga tender offer IDKM Rp 900
ILUSTRASI. Samsung Galaxy Note20 Ultra_Mystic_Bronze


Reporter: Asep Munazat Zatnika | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Rencana akuisisi PT Indosiar Karya Media Tbk (IDKM) oleh PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) semakin terang. EMTK, Jumat (20/5), mengumumkan harga penawaran pembelian alias tender offer adalah Rp 900 per saham.

Merujuk ke aturan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BapepamLK), harga tender offer adalah yang tertinggi di antara harga rata-rata tertinggi selama 90 hari perdagangan terakhir atau harga akuisisi. Harga rata-rata tertinggi IDKM adalah Rp 837 per saham, lebih rendah daripada harga pembelian saham IDKM oleh EMTK, yaitu Rp 900 per saham. Harga itu terbilang rendah jika disandingkan dengan kisaran harga tender offer awal yang disusun EMTK, antara Rp 900 hingga Rp 1.400.

Periode tender offer akan berlangsung dalam waktu lima hari, dimulai sejak 8 Juni 2011. Tanggal pembayarannya pada 22 Juni 2011. Harga rendah

Di atas kertas EMTK harus menyiapkan uang Rp 1,323 triliun, jika ingin memborong habis seluruh sisa saham IDKM. Kini, ada 1,47 miliar saham IDKM yang berada di luar genggaman induk stasiun televisi SCTV tersebut. Katakanlah harga saham yang dipakai adalah Rp 900 per saham, maka EMTK harus mengeluarkan dana sebesar Rp 1,323 triliun untuk membeli sisa saham dari publik

Sebelumnya, EMTK mengamankan kebutuhan dana untuk memuluskan rencana ini. Salah satunya, pinjaman perbankandari Citibank dan Standard Chartered Bank.

Kedua bank asing itu menawarkan fasilitas pinjaman hingga senilai Rp 1,5 triliun untuk EMTK. Sebagai jaminan, EMTK menandatangani perjanjian gadai saham atas 1,65 miliar saham anak usahanya, PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

Sementara terkait harga tender offer yang ditawarkan EMTK, Gifar Indra Sakti berpendapat, tawaran harga dari EMTK Rp 900 masih lebih rendah dibanding harga pasar saat ini. Pada penutupan Jumat (20/5), harga IDKM adalah Rp 930 per saham.

Para pemilik saham tentu akan menghitung keuntungan dari penawaran harga EMTK."Logikanya, memang lebih baik menjualnya diharga pasar saat ini," kata Gifar.

Tapi, ada kemungkinan pemegang saham melepas pada EMTK, terutama jika ada selisih harga signifikan antara harga yang ditawarkan hargabelidi awal. "Kecuali harga beli lebih tinggi dibanding harga saat ini, mereka pasti sulit melepasnya," kata Gifar.

Sekadar catatan,hrga saham IDKM dalam dua bulan terakhir relatif datar. Pemicunya karena Hal ini dikarenakan pasar masih menunggu kepastian soal harga tender offer EMTK.Namun, Gifar melihat bahwa peluang harga saham IDKM bergerak kembali pasca pengumuman tender offer, masih terbuka.

Gifar melihat peluang harga saham IDKM untuk berubah pasca pengumuman ini sangat terbuka.. Kemarin (22/5), Mochamad Riyanto, komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menytakan,institusi pengawas penyiaran ini menghargai langkah akuisisiyang dilakukan EMTK, meski rekomendasi dari lembaga ini EMTKmelanggar Undang-Undang Penyiaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×