kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga SUN berpotensi bergerak variatif jelang pengumuman cadangan devisa


Jumat, 07 September 2018 / 10:04 WIB
Harga SUN berpotensi bergerak variatif jelang pengumuman cadangan devisa


Reporter: Dimas Andi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga Surat Utang Negara (SUN) diperkirakan masih akan cenderung bergerak bervariasi pada perdagangan Jumat (7/9). Hal ini didorong oleh perhatian investor yang masih tertuju pada data cadangan devisa bulan Agustus yang akan disampaikan oleh Bank Indonesia.

Selain itu, para investor juga tengah menantikan hasil data sektor tenaga kerja Amerika Serikat yang akan disampaikan pada hari ini waktu setempat.

Sebelumnya, imbal hasil SUN bergerak bervariasi dengan kecenderungan mengalami kenaikan pada perdagangan kemarin seiring meredanya tekanan terhadap nilai tukar rupiah.

Analis Fixed Income MNC Sekuritas, I Made Adi Saputra mengatakan, perubahan tingkat imbal hasil SUN pada perdagangan kemarin mencapai 30 basis poin (bps) dengan rata-rata kenaikan sebesar 6 bps. Imbal hasil SUN bertenor pendek dan menengah mengalami perubahan antara 2—30 bps sementara harganya berubah hingga 60 bps. Adapun imbal hasil SUN bertenor panjang mengalami perubahan sekitar 2—14 bps sedangkan harganya berubah hingga 70 bps.

Investor dinilai mulai berani untuk melakukan pembelian SUN di pasar sekunder setelah beberapa hari terakhir mengalami tekanan jual yang cukup besar. “Namun demikian, investor masih cenderung hati-hati dalam melakukan transaksi yang tercermin pada volume perdagangan yang tidak begitu besar,” ungkap Made dalam riset, hari ini.

Secara teknikal, perubahan harga SUN yang terjadi kemarin belum mengubah tren pergerakan harga. Ini berarti tren penurunan harga SUN masih terlihat dalam jangka pendek untuk keseluruhan tenor. Harga SUN juga masih berada di area jenuh jual setelah serangkaian aksi jual oleh investor dalam beberapa hari terakhir.

Maka dari itu, Made menyarankan agar investor tetap mencermati pergerakan rupiah dan harga SUN di pasar sekunder. Investor direkomendasikan untuk melakukan pembelian secara bertahap pada SUN bertenor pendek dan menengah yang menawarkan imbal hasil menarik dengan risiko yang terukur di tengah fluktuasi pergerakan harga.

Adapun seri yang dapat dijadikan pilihan bagi investor pada hari ini antara lain ORI013, SR009, PBS016, PBS002, FR0069, FR0036, FR0053, FR0063, FR0046, FR0070, FR0044 dan FR0059.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×