kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Saham ANTM Tren Turun, Hari Ini (24/8) Saatnya Jual atau Beli?


Rabu, 24 Agustus 2022 / 07:15 WIB
Harga Saham ANTM Tren Turun, Hari Ini (24/8) Saatnya Jual atau Beli?
ILUSTRASI. Harga Saham ANTM Tren Turun, Hari Ini (24/8) Saatnya Jual atau Beli?


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dalam tren turun belakangan ini. Untuk perdagangan hari ini, Rabu 24 Agustus 2022, apakah saat ANTM layak dibeli atau dijual?

Harga saham ANTM pada perdagangan Selasa 23 Agustus 2022 ditutup di level 2.030 naik 45 poin atau 2,27% dibandingkan sehari sebelumnya. Namun dalam lima hari perdagangan, harga saham ANTM terakumulasi masih turun 90 poin atau 4,25%.

Sejak awal tahun atau year to date (ytd), harga saham ANTM juga terkoreksi senilai 310 poin atau 13,25%. Lalu, apakah penurunan ini sudah menjadikan harga saham ANTM cukup murah untuk dikoleksi?

Analis Bahana Sekuritas Timothy Wijaya rekomendasi beli saham ANTM dengan target harga Rp 3.400. Namun, risiko dari rekomendasi ini meliputi perubahan peraturan pemerintah, produksi dan penjualan yang lebih rendah dari perkiraan, dan harga komoditas yang lebih rendah dari perkiraan.

Rekomendasi beli saham ANTM ini karena prospek kinerja PT Aneka Tambang Tbk yang berpotensi membaik. Hal ini menyusul rencana bisnis Aneka Tambang untuk memisahkan atawa spin-off sebagian segmen usaha pertambangan nikel yang berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara.

Baca Juga: Cek Rekomendasi Saham ADRO, PGAS, EMTK, FREN, KRYA dari Kanaka Hita Solvera Hari Ini

Spin-off ini akan dilakukan kepada dua entitas anak usaha ANTM, yaitu PT Sumberdaya Arindo dan PT Nusa Karya Arindo. Baik Sumberdaya Arindo dan Nusa Karya Arindo merupakan anak perusahaan terkendali yang dimiliki secara langsung maupun tidak langsung 100% oleh ANTM. 

Anak perusahaan yang menerima spin-off diharapkan dapat membuka kesempatan untuk melakukan kerja sama strategis untuk menciptakan nilai tambah bagi produk anak perusahaan dan memperkuat rantai pasok produksi komoditas nikel.

Direktur Utama Aneka Tambang, Nicolas Kanter mengatakan, nantinya mitra strategis yang dipilih adalah perusahaan yang menguasai pasar baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Bukan  hanya penguasaan pasar, ANTM juga akan memilih mitra yang memiliki keunggulan di bidang teknologi dan finansial yang solid.

“Mereka juga harus memiliki aspek environmental, social, and corporate governance (ESG) yang tinggi. Tidak hanya kompetitif, tetapi juga punya ESG yang world class,” terang Nicolas dalam konferensi pers usai RUPSLB, Selasa (23/8). Meski mengundang mitra strategis, Nico menegaskan, ANTM akan tetap memiliki persentase saham mayoritas.

Analis Bahana Sekuritas Timothy Wijaya memandang, spin off yang dilakukan tersebut dimaksudkan agar partner ANTM bisa masuk dan mengambil bagian proyek penambangan nikelnya. “Jadi bisa dibilang ini merupakan langkah konkrit awal ANTM dalam merealisasikan wacana joint venture (JV) dengan IBC-CATL dalam hal pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” terang Timothy kepada Kontan.co.id, Selasa (23/8)

Melihat rekam jejak kerjasama (ventura) nikel  yang telah dibangun oleh ANTM, Timothy menilai hal ini menggambarkan ANTM memiliki visi yang jelas terkait diversifikasi portofolio melalui kerjasama dengan mitra strategis, dengan memanfaatkan cadangan bijih nikelnya yang melimpah ke mega proyek untuk pengembangan segmen stainless steel dan baterai  kendaraan listrik.

Itulah rekomendasi saham ANTM untuk perdagangan hari ini, Rabu 24 Agustus 2022. Ingat, disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham ANTM di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×