kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,49   7,04   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak terkoreksi, karena pasokan global mengimbangi penghentian produksi Libya


Rabu, 22 Januari 2020 / 10:31 WIB
Harga minyak terkoreksi, karena pasokan global mengimbangi penghentian produksi Libya
ILUSTRASI. Harga minyak mentah.


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak terkoreksi pada perdagangan Rabu (22/1), memperpanjang penurunan pada sesi sebelumnya karena investor terus mengabaikan dampak dari penghentian hampir semua produksi minyak Libya di tengah melimpahnya pasokan minyak.

Rabu (22/1) pukul 10.13 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2020 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 58,08 per barel, turun 0,51% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 58,38 per barel.

Sementara harga minyak brent turun 0,39% menjadi US$ 64,34 per barel dari US$ 64,59 per barel pada Selasa (21/1).

Baca Juga: Harga minyak turun lagi di tengah prediksi pasokan yang masih besar

Perusahaan minyak nasional Libya pada Senin (20/1) menyatakan force majeure atas pemuatan minyak dari dua ladang minyak utama setelah perkembangan terakhir dalam konflik militer yang berlangsung lama, melihat pasukan yang setia kepada komandan Khalifa Haftar memerintahkan penutupan fasilitas dan timur dan selatan negara itu.

"Cerita ini sudah mulai memudar di tengah pelaku pasar. Mereka percaya bahwa ini adalah penghentian sementara," kata Helima Croft, kepala strategi komoditas global RBC Capital Markets seperti dikutip Reuters.

Namun Croft memperingatkan bahwa perang proxy tahun jamak membuat produksi Libya berisiko tinggi berhenti dalam jangka panjang dan tidak ada indikasi bahwa negara itu hampir berbelok.

Kecuali fasilitas minyak dengan cepat beroperasi, produksi minyak Libya akan bekurang sekitar 1,3 juta barel per hari menjadi hanya 72.000 barel per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×