kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Stabil, Ketegangan Timur Tengah Tetap Menjadi Fokus


Selasa, 23 April 2024 / 10:44 WIB
Harga Minyak Stabil, Ketegangan Timur Tengah Tetap Menjadi Fokus
ILUSTRASI. Harga minyak stabil di perdagangan Asia pada hari Selasa, setelah jatuh di sesi sebelumnya.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak stabil di perdagangan Asia pada hari Selasa, setelah jatuh di sesi sebelumnya. Investor terus menilai risiko dari kekhawatiran geopolitik di Timur Tengah.

Selasa (23/4) pukul 8.53 WIB, harga minyak Brent diperdagangkan 4 sen lebih tinggi menjadi US$ 87,39 per barel. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS juga naik 4 sen menjadi US$ 81,94 per barel.

Kedua harga minyak acuan tersebut turun 29 sen pada perdagangan kemarin di tengah tanda-tanda bahwa peningkatan ketegangan antara Israel dan Iran baru-baru ini memiliki dampak jangka pendek yang kecil terhadap pasokan minyak dari wilayah tersebut.

Namun, para analis mencatat masih banyak risiko di pasar minyak. Analis ANZ menyoroti persetujuan AS terhadap sanksi baru terhadap sektor minyak Iran yang memperluas sanksi saat ini dengan mencakup pelabuhan, kapal, dan kilang asing yang dengan sengaja memproses atau mengirimkan minyak mentah Iran.

Baca Juga: Pemerintah Mencermati Efek Perang ke Rantai Pasok

“Latar belakang geopolitik masih penuh dengan begitu banyak risiko saat ini, jadi jelas kita akan melihat banyak volatilitas sampai ada kejelasan lebih lanjut,” kata analis ANZ seperti dikutip Reuters.

Analis Barclays mengatakan pada hari Senin bahwa risiko terhadap perkiraan US$ 90 per barel untuk harga Brent tahun ini masih cenderung lebih tinggi.

“Ancaman risiko geopolitik yang berdampak pada fundamental pasar minyak sebagian besar telah memudar, namun tren keseluruhan risiko tersebut sejak Oktober tahun lalu mengkhawatirkan,” kata analis Barclays dalam sebuah catatan.

Persediaan minyak mentah AS diperkirakan meningkat minggu lalu sementara stok produk olahan kemungkinan turun, menurut jajak pendapat awal para analis oleh Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×