kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak merangkak naik meski menghadapi sejumlah pemberat


Selasa, 14 September 2021 / 07:38 WIB
Harga minyak merangkak naik meski menghadapi sejumlah pemberat
ILUSTRASI. Harga minyak naik ke level tertinggi enam minggu karena produksi minyak AS masih terganggu faktor cuaca.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak melanjutkan penguatan di hari ketiga. Selasa (14/9) pukul 7.25 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) kontrak Oktober 2021 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 70,57 per barel.

Harga minyak WTI menguat 0,17% dari penutupan perdagangan kemarin pada US$ 70,45 per barel. Sejalan, harga minyak brent kontrak November 2021 di ICE Futures menguat tipis 0,01% ke US$ 73,52 per barel.

Harga minyak naik ke level tertinggi enam minggu karena produksi minyak Amerika Serikat (AS) tetap lambat dua pekan setelah Badai Ida menghantam Pantai Teluk. Kekhawatiran badai lain dapat mempengaruhi produksi di Texas minggu ini.

Kenaikan harga itu terjadi meskipun OPEC memangkas perkiraan permintaan minyak dunia untuk kuartal terakhir 2021 karena varian Delta Covid-19. 

Baca Juga: Harga emas turun tipis pada Selasa (14/9) pagi

"Dampak Badai Ida berlangsung lebih lama daripada prediksi pasar dan karena kapasitas produksi minyak tetap ditutup," kata Nishant Bhushan, analis pasar minyak Rystad Energy kepada Reuters.

Gangguan cuaca buruk lebih lanjut pun mendekat. Pusat Badai Nasional AS memproyeksikan badai tropis Nicholas akan mengikis sepanjang pantai Texas Selatan pada hari Senin dan mendarat di dekat Corpus Christi nanti malam. Royal Dutch Shell mulai mengevakuasi staf dari anjungan minyak Teluk Meksiko AS dan perusahaan lain mulai bersiap menghadapi angin topan.

OPEC mengatakan pemulihan permintaan minyak lebih lanjut akan tertunda hingga tahun depan ketika konsumsi akan melebihi tingkat pra-pandemi. Tapi, analis mencatat OPEC+masih meningkatkan produksi.

"Meskipun risiko jangka pendek terhadap prospek permintaan, OPEC+ terus meningkatkan produksinya sebesar 400.000 barel per hari setiap bulan, sejalan dengan apa yang disepakati pada Juli," kata Craig Erlam, analis pasar senior untuk Inggris & EMEA di OANDA.

Baca Juga: OPEC Memangkas Perkiraan Permintaan Minyak Dunia Kuartal IV Menjadi 99,70 Juta Bph

Selain perkiraan permintaan OPEC, faktor bearish lainnya membebani kenaikan harga minyak. Faktor bearish ini termasuk kenaikan produksi minyak serpih AS, potensi peningkatan pasokan dari rencana pelepasan minyak dari cadangan strategis di Amerika Serikat dan China, dan kemungkinan Iran menjual minyak ke dunia lagi.

Produksi minyak AS dari tujuh formasi shale diperkirakan akan meningkat sekitar 66.000 barel per hari pada Oktober menjadi 8,1 juta barel per hari, tertinggi sejak April 2020. 

Para trader mencatat rencana pelepasan minyak dari cadangan strategis China dapat meningkatkan pasokan yang tersedia di konsumen minyak terbesar kedua di dunia tersebut.

Pemerintah AS setuju untuk menjual minyak mentah dari cadangan darurat negara kepada delapan perusahaan termasuk Exxon Mobil, Chevron dan Valero, di bawah lelang yang dijadwalkan untuk mengumpulkan uang untuk anggaran federal.

Baca Juga: Harga minyak capai level tertinggi dalam satu minggu, WTI tembus US$ 70 per barel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×