kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,72   -19,77   -2.14%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak mentah stabil, pemangkasan pasokan imbangi kekhawatiran virus corona


Jumat, 29 Januari 2021 / 10:08 WIB
Harga minyak mentah stabil, pemangkasan pasokan imbangi kekhawatiran virus corona
ILUSTRASI. Harga minyak


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak bervariasi pada hari Jumat (29/1) karena pemotongan pasokan yang tertunda oleh Arab Saudi dan penurunan stok minyak AS membantu melawan risiko perlambatan permintaan bahan bakar.

Melansir Reuters pukul 09.31 WIB, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) tergelincir 3 sen menjadi US$ 52,31 per barel pada 0151 GMT, setelah jatuh 1,0% pada hari Kamis.

Harga minyak mentah Brent untuk Maret naik 14 sen atau 0,3% menjadi US$ 55,67 per barel, setelah jatuh 0,5% di sesi sebelumnya.

Kontrak minyak Brent pada Maret berakhir pada hari Jumat. Kontrak April yang lebih aktif naik 11 sen atau 0,2% menjadi US$ 55,21.

Pemotongan pasokan mendukung pasar. Arab Saudi rencananya memangkas produksi sebesar 1 juta barel per hari (bph) pada bulan Februari dan Maret, dan kepatuhan terhadap pembatasan produksi oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC +, telah meningkat pada bulan Januari.

Baca Juga: Harga minyak WTI diproyeksi bisa menguji US$ 60 per barel pada tahun ini

Pemotongan Saudi secara efektif berarti pemotongan pasokan OPEC + akan naik dari 7,2 juta barel per hari pada Januari menjadi 8,125 juta barel per hari pada Februari, kata analis Commonwealth Bank Vivek Dhar.

"Strategi produksi OPEC + masih bekerja dan harapan tinggi kami akan mendapatkan vaksin J & J disetujui minggu depan," kata analis OANDA Edward Moya dalam sebuah catatan.

Penurunan 9,9 juta barel dalam persediaan minyak AS minggu lalu dan perkiraan penurunan kecil dalam produksi minyak AS pada Februari juga membantu mendukung pasar.

Namun, keuntungan pasar telah dibatasi oleh kekhawatiran tentang peluncuran vaksin yang terhenti dan penyebaran varian baru virus corona.

Baca Juga: Harga emas hari ini di Pegadaian, Jumat 29 Januari 2021

Analis menunjuk berita varian Afrika Selatan yang mencapai Amerika Serikat, kekhawatiran tentang banjir kasus baru di Israel meskipun berhasil memvaksinasi penduduknya Serta masalah distribusi vaksin di Eropa dan Amerika Serikat yang mengecewakan.

"Kekhawatiran investor minyak ... seputar ketersediaan dan peluncuran vaksin, yang dapat menyebabkan penguncian berlarut-larut di Eropa, kemungkinan merupakan dua penyebab paling merusak merugikan untuk pasar minyak," kata analis Axi Stephen Innes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×