kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Naik Jelang Liburan Memorial Day di AS


Sabtu, 28 Mei 2022 / 05:47 WIB
Harga Minyak Mentah Naik Jelang Liburan Memorial Day di AS
ILUSTRASI. Pengisian bahan bakar minyak


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak naik pada hari Jumat (27/5), menutup minggu dengan kenaikan menjelang liburan akhir pekan US Memorial Day. Sementara itu, negara-negara Eropa tengah bernegosiasi mengenai apakah akan memberlakukan larangan langsung pada minyak mentah Rusia.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent naik US$2,03 atau 1,7% menjadi menetap di US$119,43. Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik 98 sen atau 0,9% menjadi menetap di US$ 115,07 per barel. Untuk pekan ini, Brent naik 6% sementara WTI naik 1,5%.

Harga minyak mendapat dukungan dari permintaan bahan bakar yang kuat di seluruh dunia, dengan bensin dan minyak pemanas berjangka melampaui minyak mentah tahun ini.

"Permintaan kuat dengan produk memimpin, terutama bensin yang mendorong minyak mentah naik," kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC.

"Musim mengemudi AS dan permintaan perjalanan yang kuat akan membantu (harga). Dengan pertumbuhan pasokan yang tertinggal dari pertumbuhan permintaan, pasar minyak kemungkinan akan tetap kekurangan pasokan. Oleh karena itu, kami tetap positif dalam pandangan kami untuk harga minyak mentah," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Baca Juga: Presiden Ukraina Zelenskyy: Agresi Rusia Bikin Krisis Pangan di Berbagai Negara

Negara-negara Uni Eropa sedang merundingkan kesepakatan mengenai sanksi minyak Rusia yang akan mengembargo pengiriman pengiriman tetapi menunda sanksi atas minyak yang dikirim melalui pipa untuk memenangkan Hungaria dan negara-negara anggota yang terkurung daratan lainnya, kata para pejabat.

Penolakan Hungaria terhadap sanksi minyak dan keengganan negara lain telah menghambat penerapan paket keenam sanksi oleh 27 anggota UE terhadap Rusia setelah invasinya ke Ukraina.

Utusan pemerintah Uni Eropa dapat mencapai kesepakatan di Brussel pada Minggu tepat waktu bagi para pemimpin untuk mendukungnya pada pertemuan puncak 30-31 Mei mereka, kata para pejabat.

Di tempat lain, pasukan Iran menangkap dua kapal tanker minyak Yunani pada hari Jumat di Teluk Persia, yang juga telah membuat investor waspada akan kekurangan di akhir pekan, kata Phil Flynn, seorang analis di Price Futures Group.

"Kami melihat asumsi bahwa permintaan minyak dan gas mungkin lebih kuat karena pasar saham menunjukkan bahwa kekhawatiran resesi mungkin berlebihan," kata Flynn.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada Kanselir Austria Karl Nehammer bahwa Moskow akan memenuhi komitmen pengiriman gas alamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×