kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,70   -3,43   -0.40%
  • EMAS932.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Harga minyak turun usai cetak rekor penutupan tertinggi dalam 2 tahun


Jumat, 11 Juni 2021 / 09:35 WIB
Harga minyak turun usai cetak rekor penutupan tertinggi dalam 2 tahun
ILUSTRASI. Harga minyak mentah kompak melemah usai cetak penutupan tertinggi di sesi sebelumnya

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - MELBOURNE. Harga minyak mentah tergelincir pada awal perdagangan hari ini. Namun, minyak tetap berada di jalur kenaikan mingguan ketiga di tengah ekspektasi untuk pemulihan permintaan bahan bakar di Eropa, China dan Amerika Serikat (AS).

Jumat (11/6) pukul 09.10 WIB, harga minyak mentah berjangka Brent untuk kontrak pengiriman Agustus 2021 turun 23 sen atau 0,3% menjadi US$ 72,29 per barel. Posisi ini membalikkan sebagian besar penguatan pada sesi sebelumnya, yang membawa Brent ke penutupan tertinggi sejak Mei 2019.

Setali tiga uang, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juli 2021 tergelincir 22 sen atau 0,3% ke level US$ 70,07 per barel. Pada sesi sebelumnya WTI melesat 0,5% ke penutupan tertinggi sejak Oktober 2018.

Dengan posisi saat ini, Brent akan naik 0,5% di minggu ini. Sementara WTI melesat 0,6%. 

"Jika Anda mengambil minggu ini, kami pasti telah melihat harga terangkat pada beberapa harapan permintaan, tetapi itu beragam," kata analis komoditas Commonwealth Bank Vivek Dhar.

Baca Juga: Harga minyak ke level tertinggi dalam 2 tahun, WTI kembali ke atas US$ 70 per barel

"Data stok AS tidak memberikan gambaran yang bagus. Kami melihat stok bensin dan sulingan benar-benar melonjak. Menjelang akhir minggu itu meredam semangat harga minyak," tambah Dhar. 

Rabu (9/6), Energy Information Administration  melaporkan, persediaan bensin AS naik 7 juta barel di pekan yang berakhir 4 Juni. Stok sulingan juga naik 4,4 juta barel, keduanya jauh lebih banyak dari yang diperkirakan para analis.

Namun, data yang menunjukkan lalu lintas jalan kembali ke tingkat sebelum Covid-19 terjadi di Amerika Utara dan sebagian besar Eropa cukup menggembirakan, kata analis ANZ Research dalam sebuah catatan.

"Bahkan pasar bahan bakar jet menunjukkan tanda-tanda perbaikan, dengan penerbangan di Eropa naik 17% selama dua minggu terakhir, menurut Eurocontrol," kata analis ANZ.

Sokongan tambahan bagi harga minyak datang dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) yang memperkuat pandangan permintaan 2021 mencapai 5,95 juta barel per hari, naik 6,6% dari tahun sebelumnya.

"Secara keseluruhan, pemulihan pertumbuhan ekonomi global, dan karenanya permintaan minyak, diperkirakan akan mendapatkan momentum di paruh kedua," kata OPEC dalam laporan bulanannya.

 

Selanjutnya: IHSG menguat ke 6.115 di awal perdagangan hari ini, asing koleksi BMRI, BBRI, ERAA

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×