kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,96   -11,56   -1.24%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Melemah Selepas Tengah Hari, Sentimen Gangguan Pasokan Mereda


Kamis, 11 Agustus 2022 / 14:36 WIB
 Harga Minyak Melemah Selepas Tengah Hari, Sentimen Gangguan Pasokan Mereda
ILUSTRASI. Harga minyak kembali melemah tipis


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga minyak melemah pada hari ini setelah naik lebih dari US$ 1 pada sesi sebelumnya,. Kekhawatiran atas gangguan pasokan mereda dan pasar mencari bukti peningkatan permintaan bahan bakar.

Kamis (11/8) pukul 14.00 WIB, harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Oktober 2022 turun 7 sen atau 0,1% menjadi US$ 97,33 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman September 2022 turun 9 sen, atau 0,1% ke US$ 91,85 per barel.

Minyak sedang berjuang untuk menemukan arah, menunjukkan investor belum mencapai konsensus tentang prospek penawaran dan permintaan, kata analis dari Haitong Futures.

Stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) naik 5,5 juta barel dalam minggu terakhir, Energy Information Administration mengatakan, lebih dari peningkatan yang diharapkan sebesar 73.000 barel.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Jatuh Pagi Ini, Brent ke US$96,87 dan WTI ke US$91,32

Produk bensin yang dipasok naik dalam minggu terakhir menjadi 9,1 juta barel per hari, meskipun angka itu masih menunjukkan permintaan turun 6% selama empat minggu terakhir dibandingkan dengan periode tahun lalu.

Premi untuk WTI berjangka bulan depan atas pemuatan barel dalam waktu enam bulan dipatok pada $ 4,38 per barel pada hari Kamis, terendah dalam empat bulan, menunjukkan berkurangnya ketatnya pasokan yang cepat.

Dimulainya kembali aliran pipa Rusia-ke-Eropa Druzhba semakin menenangkan kekhawatiran pasar atas pasokan global.

Monopoli pipa minyak negara Rusia Transneft memulai kembali aliran minyak melalui kaki selatan pipa minyak Druzhba. Ukraina telah menangguhkan aliran pipa minyak Rusia ke beberapa bagian Eropa tengah sejak awal bulan ini karena sanksi Barat mencegahnya menerima biaya transit dari Moskow, kata Transneft, Selasa.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Naik Dipicu Rebound Permintaan Bensin AS

Sementara itu, harga minyak fisik di seluruh dunia mulai melorot bersamaan dengan minyak berjangka, mencerminkan meredanya kekhawatiran atas gangguan pasokan yang dipimpin Rusia dan meningkatnya kekhawatiran tentang kemungkinan perlambatan ekonomi global.

Laporan minyak bulanan dari International Energy Agency (IEA) dan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) diharapkan pada hari Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×