kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak kembali terkoreksi, investor menanti keputusan pemangkasan pasokan OPEC


Jumat, 05 Juni 2020 / 07:19 WIB
Harga minyak kembali terkoreksi, investor menanti keputusan pemangkasan pasokan OPEC
ILUSTRASI. Harga minyak.


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak terkoreksi pada awal perdagangan hari ini, Jumat (5/6). Pukul 07.08 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2020 di New York Mercantile Exchange ada di US$ 37,24 per barel, turun 0,45% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 37,41 per barel.

Koreksi harga minyak dipicu oleh aksi wait and see investor yang menanti keputusan dari produsen minyak mentah utama dunia dan sekutunya yang tergabung dalam OPEC + apakah akan memperpanjang penurunan produksi atau tidak.

Asal tahu saja, OPEC + kini tengah berdebat kapan akan menggelar pembicaraan tingkat menteri untuk membahas kemungkinan perpanjangan pemangkasan produksi minyak demi menopang harga.

Baca Juga: Harga minyak terkoreksi, dipicu keraguan pemangkasan produksi oleh OPEC

Mengutip Reuters, Arab Saudi dan Rusia, dua produsen minyak terbesar di dunia, ingin memperpanjang pemangkasan pasokan minyak 9,7 juta barel per hari (bph) yang disepakati oleh produsen utama pada bulan April. 

Tetapi saran Presiden OPEC Aljazair untuk bertemu pada hari Kamis tertunda di tengah pembicaraan tentang kepatuhan yang buruk oleh beberapa produsen.

Arab Saudi, Kuwait, dan Uni Emirat Arab tidak berencana untuk memperpanjang pemangkasan tambahan produksi sukarela 1,18 juta barel per hari setelah Juni, menunjukkan bahwa pasokan minyak mentah bisa naik bulan depan terlepas dari apapun keputusan OPEC +.

OPEC tampaknya 'terkutuk jika mereka melakukannya dan terkutuk jika mereka tidak' berkenaan dengan pengurangan produksi jangka pendek yang diperpanjang,” kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates seperti dikutip Reuters.

"Setiap keputusan untuk membatalkan setiap perpanjangan pemangkasan pasokan saat ini akan dengan mudah melepaskan kesenangan penjualan jangka pendek sementara perjanjian untuk memperpanjang pemangkasan pasokan di luar bulan depan akan memiliki implikasi bearish jangka panjang karena penyesuaian ke atas untuk perkiraan produksi serpih kuartal ketiga kemungkinan akan diperlukan."

Baca Juga: Harga minyak naik lebih dari 1%, ditopang harapan pemangkasan pasokan OPEC +

Kekhawatiran tentang produksi kilang minyak AS yang sudah menunjukkan tanda-tanda kebangkitan, adalah salah satu alasan Moskow dan Rusia hanya mendukung pemangkasan diperpanjang hingga Juli ketimbang menyetujui perpanjangan yang lebih lama, kata sumber yang disurvei pada pembicaraan OPEC +.

Sementara itu, data pemerintah AS pada hari Rabu menunjukkan peningkatan besar dalam persediaan bahan bakar karena permintaan tetap terganggu karena pandemi virus corona.

"Persediaan minyak besar dibangun di seluruh AS, Eropa dan Jepang minggu lalu membebani harga minyak," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

"Juga ketidakpastian jika OPEC + menyelesaikan kebuntuan dengan negara-negara dengan tingkat kepatuhan yang lemah tidak membantu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×