kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Tetap Berada pada Level Tertinggi 4 Bulan, Selasa (19/3)


Selasa, 19 Maret 2024 / 21:32 WIB
Harga Minyak Dunia Tetap Berada pada Level Tertinggi 4 Bulan, Selasa (19/3)
ILUSTRASI. Minyak Mentah REUTERS/Nick Oxford


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak sebagian besar stabil pada hari Selasa (19/3), mendekati level tertinggi dalam empat bulan setelah menembus batas perdagangan pada minggu lalu.

Namun prospek peningkatan ekspor dari Rusia membatasi kenaikan di tengah serangan Ukraina terhadap kilang.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Mei naik 10 sen menjadi US$86,99 per barel pada 1320 GMT. Sementara harga West Texas Intermediate (WTI) naik 12 sen menjadi US$82,28.

Kontrak WTI bulan April, yang berakhir pada hari Rabu, naik 13 sen menjadi US$82,85.

Baca Juga: Harga Minyak Naik ke Level Tertinggi dalam Empat Bulan, Terangkat Pelemahan Dolar AS

Kedua tolok ukur tersebut mencapai level tertinggi yang terakhir terlihat pada bulan November di sesi sebelumnya, didukung oleh lebih rendahnya ekspor minyak mentah dari Arab Saudi dan Irak, dan tanda-tanda permintaan yang lebih kuat dan pertumbuhan ekonomi di Tiongkok dan Amerika Serikat.

“Data permintaan minyak yang mengejutkan dari sisi positifnya dan perpanjangan pemotongan sukarela OPEC+ hingga akhir Juni telah mendukung harga,” kata analis UBS Giovanni Staunovo.

"Brent kemungkinan akan diperdagangkan pada kisaran US$80-US90 per barel tahun ini, dengan perkiraan akhir Juni sebesar $86 per barel."

Di Rusia, ekspor meningkat setelah serangan drone Ukraina terhadap infrastruktur minyak negara tersebut, sehingga menekan harga.

"Serangan kemungkinan akan mengurangi produksi minyak mentah Rusia hingga 300.000 barel per hari, selain penutupan pemeliharaan yang dijadwalkan", tulis analis JP Morgan dalam sebuah catatan.

“Namun, penurunan produksi primer akan menyebabkan ekspor minyak mentah lebih tinggi”, mereka menambahkan.

Rusia akan meningkatkan ekspor minyak melalui pelabuhan baratnya pada bulan Maret sebesar hampir 200.000 barel per hari (bpd) dibandingkan rencana bulanan sebesar 2,15 juta barel per hari.

Baca Juga: Harga Minyak Tergelincir Selasa (19/3) Siang, Brent ke US$86,74 dan WTI ke US$82,03

Harga juga terbebani oleh ketidakpastian mengenai bagaimana suku bunga AS akan berjalan dengan baik menjelang pertemuan kebijakan Federal Reserve minggu ini.

"Pasar mungkin berada dalam mode konsolidasi menunggu sinyal penurunan suku bunga dari pertemuan FOMC minggu ini," kata pemimpin tim sektor energi Bank DBS Suvro Sarkar melalui email.

"Harga minyak sudah naik cukup banyak selama dua minggu terakhir, memperhitungkan premi risiko geopolitik yang lebih tinggi setelah serangan terhadap kilang Rusia".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×