kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,97   -11,52   -1.25%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Ditutup Naik Tipis Jelang Pertemuan OPEC+ Minggu Depan


Jumat, 31 Desember 2021 / 06:26 WIB
Harga Minyak Ditutup Naik Tipis Jelang Pertemuan OPEC+ Minggu Depan
ILUSTRASI. Harga minyak mentah kembali membara


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak mentah naik tipis di tengah ekspektasi bahwa permintaan bahan bakar bertahan meskipun infeksi virus corona Omicron melonjak dan OPEC+ akan terus meningkatkan impor secara bertahap.

Namun, kenaikan harga terpangkas karena importir utama dunia China memotong batch pertama alokasi impor minyak mentah untuk 2022.

Kamis (30/12), harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman Februari 2022 ditutup di level US$ 79,32 per barel, atau naik 0,11%.

Serupa, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) ditutup menguat 0,56% ke US$ 76,9 per barel. Ini menjadi kenaikan sesi ketujuh secara berturut-turut.

"Kami memiliki jumlah permintaan yang sangat kuat hingga Desember, jadi sekarang pertanyaannya adalah apa yang akan dilakukan OPEC," kata John Kilduff, Partner di Again Capital Management.

Lebih lanjut, Kilduff mengharapkan OPEC+, untuk terus menambah produksi secara bertahap.

Baca Juga: Harga Minyak Naik Menuju US$80 Karena Pasokan Yang Ketat

China, importir minyak mentah utama dunia, menurunkan batch pertama kuota impor 2022 ke sebagian besar penyulingan independen sebesar 11%.

"Sentimen pasar melemah di tengah kekhawatiran bahwa pemerintah China dapat mengambil tindakan lebih keras terhadap teko," kata seorang analis yang berbasis di Singapura, merujuk pada penyulingan independen.

Namun, harga minyak global telah rebound antara 50% hingga 60% pada tahun 2021 karena permintaan bahan bakar kembali ke level pra-pandemi dan pengurangan produksi yang dalam oleh OPEC+ untuk sebagian besar tahun ini menghapus kelebihan pasokan.

Data Energy Information Administration (EIA) pada hari Rabu (29/12) menunjukkan, persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) turun 3,6 juta barel dalam seminggu yang berakhir pada 24 Desember 2021. Jumlah itu lebih dari yang diperkirakan para analis yang disurvei oleh Reuters.

Persediaan bensin dan sulingan juga turun, dibandingkan perkiraan analis, menunjukkan permintaan tetap kuat meskipun ada rekor kasus COVID-19 di Amerika Serikat.

Harga minyak juga mendapat dukungan dari langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah untuk membatasi dampak rekor kasus COVID-19 yang tinggi pada pertumbuhan ekonomi, seperti melonggarkan aturan pengujian.

Baca Juga: Wall Street Loyo: Dow Jones, S&P 500 dan Nasdaq Kompak Ditutup Melemah

OPEC+ akan bertemu pada 4 Januari untuk memutuskan apakah akan melanjutkan peningkatan produksi pada Februari.

Raja Arab Saudi Salman mengatakan pada hari Rabu bahwa perjanjian produksi OPEC+ diperlukan untuk stabilitas pasar minyak dan bahwa produsen harus mematuhi pakta tersebut.

Irak pun mengatakan akan mendukung untuk tetap berpegang pada kebijakan OPEC+ yang ada untuk meningkatkan produksi dengan gabungan 400.000 barel per hari pada Februari.

Di sisi lain, Shell mengatakan telah melanjutkan ekspor minyak Forcados di Nigeria, mengurangi satu dari tiga pemadaman global utama yang juga mencakup Ekuador dan Libya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×