kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga minyak anjlok 2% usai kapal kontainer yang sumbat Terusan Suez mulai bergerak


Senin, 29 Maret 2021 / 13:34 WIB
Harga minyak anjlok 2% usai kapal kontainer yang sumbat Terusan Suez mulai bergerak
ILUSTRASI. Harga minyak mentah anjlok lagi


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak mentah merosot lebih dari 2% pada hari hari ini setelah kapal kontainer raksasa yang menyumbat jalur perdagangan global di Terusan Seuz sudah berhasil dipindahkan. 

Senin (29/3) pukul 12.45 WIB, harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Mei 2021 turun US$ 1,38 atau 2,1% menjadi US$ 63,19 per barel. 

Serupa, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate  (WTI) untuk kontrak pengiriman Mei 2021 turun US$ 1,48 atau 2,4% menjadi US$ 59,49 per barel.

Sumber Reuters mengatakan, pada hari ini, kapal kontainer Ever Given yang terdampar sudah dapat terapung dan akan diperiksa sebelum dipindahkan. 

Ratusan kapal peti kemas lainnya, kapal curah dan hingga tanker bermuatan minyak tetap berada di kedua ujung kanal. Namun berita tentang keberhasilan kru penyelamat untuk memindahkan kapal kontainer ini segera membuat harga minyak turun tajam setelah diperdagangkan sedikit melemah untuk perdagangan pagi hari.

Baca Juga: Harga minyak turun setelah lonjakan akibat penyumbatan Suez

Harga minyak telah berayun liar dalam beberapa hari terakhir karena para pedagang dan investor mencoba mempertimbangkan dampak dari penyumbatan titik transit perdagangan utama dan efek penguncian yang lebih luas untuk menghentikan infeksi virus corona di sebagian besar Eropa.

Volatilitas pasar akan berlanjut, kata Jeffrey Halley, analis pasar senior di OANDA.

"Mengingat volatilitas minggu lalu, Brent tampaknya akan bergerak ke ujung bawah dari kisaran US$ 60,00 ke US$ 65,00 per barel," katanya, sementara minyak AS "kemungkinan akan turun ke sisi bawah dari kisaran mingguan US$ 57,50 menjadi US$ 62,50 per barel."

Harga mendapatkan beberapa dukungan dari ekspektasi bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya akan mempertahankan tingkat output yang lebih rendah ketika bertemu minggu ini.

Selanjutnya: Kapal kontainer yang blokir Terusan Suez akhirnya kembali bergerak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×