kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Melejit Hingga Masuk UMA, Intip Rekomendasi Saham ICTSI Jasa Prima (KARW)


Senin, 12 Februari 2024 / 19:35 WIB
Harga Melejit Hingga Masuk UMA, Intip Rekomendasi Saham ICTSI Jasa Prima (KARW)
ILUSTRASI. Perusahaan yang bergerak di bisnis operator terminal pelabuhan, PT ICTSI Jasa Prima Indonesia Tbk (KARW)


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Saham PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW) bergerak liar belakangan ini. Pada perdagangan Senin (12/2) saja, saham KARW ditutup menguat 9,78% ke level Rp 101.

Jika ditarik ke garis waktu yang lebih panjang, kenaikan saham KARW cukup signifikan. Dalam satu bulan terakhir misalnya, saham KARW bahkan melesat 102%.

Pada 7 Februari 2024, BEI sempat mengumumkan bahwa telah terjadi peningkatan harga saham KARW di luar kebiasaan alias unusual market activity (UMA).

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, secara teknikal, saham KARW yang bergerak menguat masih didominasi oleh volume pembelian. MACD masih berada di area positif dan masih menunjukkan lanjutan penguatan meskipun Stochastic cenderung sideways di area overbought.

Dus, dia merekomendasikan speculative buy saham KARW dengan level support Rp 95 dan resistance Rp 106.

Baca Juga: Meratus Akan Lakukan Tender Offer Saham ICTSI Jasa Prima (KARW)

Sementara analis Kanaka Hita Solvera William Wibowo menilai saham KARW terkonfirmasi sedang berada di fase uptrend. William menyematkan rekomendasi buy on weakness dengan level support Rp 70 dan resistance Rp 120.

Kenaikan saham KARW ini tidak terlepas dari aksi entitas Meratus Group yang mengakuisisi mayoritas saham saham KARW. Saranakelola Investa melaporkan telah membeli sebanyak 40,83 juta saham KARW pada 23 Januari 2024.

Jumlah ini setara dengan 80,19% saham KARW yang beredar. Harga pembelian yang disepakati adakah Rp 66 per saham. Saranakelola Investa mencaplok saham KARW dari ICTSI Far East Ltd selaku pengendali saham yang lama

Terhitung sejak tanggal 1 Februari 2024, Saranakelola Investa telah efektif menjadi pengendali baru KARW. Oleh sebab itu, PT Saranakelola Investa akan melakukan mandatory tender offer alias penawaran tender wajib terhadap saham PT ICTSI Jasa Prima Tbk (KARW). Hal ini sejalan dengan posisi Saranakelola Investa sebagai pengendali baru KARW.

Baca Juga: Aktivitas Ekspor Menggeliat, Laba Emiten Pelabuhan Menguat

Saranakelola Investa akan menggelar penawaran tender wajib mulai 15 Maret 2024 hingga 16 April 2024. “Jadwal masih bersifat indikatif dan tunduk pada perubahan jadwal,” terang Corporate Secretary ICTSI Jasa Prima, Inessa Anjani, Senin (12/2).

Saranakelola Investa telah menyampaikan dokumen penawaran tender kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan KARW pada 6 Februari 2024. Saranakelola Investa akan mengumumkan skema tender offer ini pada 14 Maret 2024 mendatang.

Inessa menjelaskan, tujuan Saranakelola Investa mencaplok saham KARW adalah untuk pengembangan usaha dan memperluas jaringan usaha. Akuisisi juga dilakukan untuk memperkuat posisi bisnis Saranakelola Investa di industri transportasi, pengangkutan barang melalui laut dan Pelabuhan.

Inessa juga menegaskan, dalam akuisisi ini, Saranakelola Investa tidak memiliki rencana untuk menghapus pencatatan saham KARW dari BEI. Pun demikian, Inessa menyanggah adanya rencana likuidasi terhadap KARW usai diakuisisi.

PT Saranakelola Investa merupakan perseroan terbatas yang berdomisili di Surabaya Utara, Jawa Timur. Perusahaan ini bergerak dalam bidang angkutan laut dalam dan luar negeri untuk barang. Saranaloka Investama selaku pengendali baru tidak memiliki hubungan afiliasi dengan ICTSI Far East Ltd. selaku pengendali lama.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×