kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Mayoritas Aset Kripto Kompak Menguat di Awal Pekan Ini


Rabu, 18 Januari 2023 / 10:26 WIB
Harga Mayoritas Aset Kripto Kompak Menguat di Awal Pekan Ini
ILUSTRASI. sejumlah aset kripto menguat di awal pekan ini


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga mayoritas aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar kompak menguat. Tren penguatan dirasakan oleh sebagian besar aset kripto, seperti harga Bitcoin (BTC) tembus di atas US$ 21.000.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi menjelaskan bahwa para menteri keuangan dari negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa (UE), mengeluarkan pernyataan tentang pengenalan Euro Digital setelah pertemuan di Brussel. Dalam pernyataannya, perkembangan dan penciptaan Euro Digital masih dalam tahap investigasi.

Di sisi lain, penurunan Indeks Dolar Amerika Serikat (DXY) terus berlanjut. Hal tersebut terjadi setelah usaha bounce pada 4 November mengalami penolakan.

"Penurunan saat ini menyentuh titik terendah pada penutupan kandil harian 6 Juni di level 101,848," ungkap Ibrahim dalam rilis harian, Selasa (17/1).

Mengutip catatan analis dan komisaris PT Orbi Trade Berjangka Vandy Cahyadi, pertumbuhan global menunjukkan tanda-tanda daya apung, ketidakpastian makro dan inflasi berkurang dan Bitcoin dengan cepat mendapatkan keunggulannya.

Baca Juga: Pasar Kripto Kembali Reli Panjang, Intip Prospek Selanjutnya

Kalender data AS relatif ringan minggu ini, tetapi penjualan ritel, produksi industri, dan penjualan rumah yang ada semuanya akan jatuh pada sisi yang lemah. Secara teori, ini seharusnya tidak terlalu memengaruhi ekspektasi pasar dari dua kenaikan Federal Reserve 25bp pada Februari dan Maret, yang keduanya diperkirakan akan berbalik pada akhir tahun.

Data coinmarketcap menunjukkan, Bitcoin melesat 2,6% ke harga US$21.237 pada perdagangan Senin pekan ini. Kebangkitan Si Raja Koin ini diikuti oleh koin-koin jagoan lainnya.

Polygon mencatatkan kenaikan tertinggi, yakni 6,37% ke harga US$1,03 per koin. Dalam sepekan, koin dengan kapitalisasi terbesar ke-10 ini sudah naik 20%. Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua, Ethereum, naik tajam 3,20% ke harga US$1.574 per koin.

BNB juga menguat 1,98% dalam perdagangan 24 jam terakhir dan 9,73% dalam sepekan. Koin dengan kapitalisasi pasar terbesar keempat ini kini bertengger di harga US$306 per koin. Sayangnya, Tether, USD Coin dan Binance USD masih betah di harga US$1 per koin. Pergerakan trio US$1 ini naik-turun tipis di bawah 1%.

Adapun Ibrahim memperkirakan harga Bitcoin kemungkinan dibuka fluktuatif namun menguat di kisaran U$ 20.616.40/koin - U$ 21.676.50/koin pada perdagangan hari ini, Rabu (18/1).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×