kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas turun dari posisi tertinggi satu bulan, ini pemicunya


Jumat, 13 Desember 2019 / 05:12 WIB
Harga emas turun dari posisi tertinggi satu bulan, ini pemicunya
ILUSTRASI. Ilustrasi perhiasan emas. REUTERS/Tyrone Siu/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga emas dunia menurun dari posisi tertingginya dalam satu bulan terakhir pada transaksi perdagangan Kamis (12/12). Data yang dihimpun Reuters menunjukkan, harga emas di pasar spot turun 0,5% menjadi US$ 1.468,17 per troy ounce per pukul 1.44 p.m. Sebelumnya, harga emas sempat bertengger di level US$ 1.486,80 per troy ounce yang merupakan level tertinggi sejak 7 November lalu.

Sedangkan harga kontrak emas berjangka turun 0,2% menjadi US$ 1.472,30 per troy ounce.

Baca Juga: Trump: AS semakin dekat dengan deal besar dengan China

Kilau emas memudar setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan Washington sudah sangat dekat untuk mencapai kesepakatan dagang dengan China. Sesaat setelah pernyataan Trump, pasar saham AS melonjak ke level rekor. Alhasil, reli harga emas yang sebelumnya dipicu oleh ketidakpastian perang dagang terhenti.

"Tweet Trump menyebabkan kembalinya penawaran risk appetite, di mana arus dana mulai kembali mengalir ke pasar saham. Masalah untuk emas adalah saat kesemuanya terlihat baik, insentif yang masuk ke emas mulai berkurang, dan itulah yang kita lihat sekarang," papar Bart Melek, head of commodity strategies TD Securities.

Baca Juga: Sore ini, harga emas turun 0,12% di level US$ 1,473,12 per ons troi

Yang juga masuk ke dalam radar investor adalah pemilu Inggris, yang akan menentukan apakah Perdana Menteri Boris Johnson akan terus memerintah atau memaksa Inggris untuk menggelar referendum lagi yang bisa mengubah keputusan untuk meninggalkan Uni Eropa.

Analis menilai, meski hasil sejumlah polling besar menunjukkan Johnson akan menang, kejutan sebaliknya dapat menyokong harga emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×