kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Harga Emas Tergelincir Jelang Pidato Powell dan Keputusan Suku Bunga ECB


Kamis, 08 September 2022 / 13:46 WIB
Harga Emas Tergelincir Jelang Pidato Powell dan Keputusan Suku Bunga ECB
ILUSTRASI. Harga emas turun tipis jelang pidato Jerome Powell dan keputusan suku bunga ECB


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas melemah pada tengah hari ini karena dolar Amerika Serikat (AS) yang kembali menguat dan bertahan dekat dengan posisi tertinggi baru-baru ini. Selain itu, investor juga berhati-hati menunggu komentar dari Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell dan keputusan suku bunga dari European Central Bank (ECB) di hari ini.

Kamis (8/9)pukul 13.20 WIB, harga emas spot turun 0,1% menjadi US$ 1.716,59 per ons troi, setelah naik hampir 1% pada perdagangan hari Rabu (7/9).

sejalan, harga emas berjangka untuk kontrak pengiriman Desember 2022 sedikit berubah ke US$ 1.728, per ons troi.

Pada perdagangan hari ini, indeks dolar bertahan stabil di dekat level tertinggi dalam dua dekade yang disentuh di sesi sebelumnya.

"Banyak mata terpaku pada apa yang akan Powell katakan di malam ini dan apakah ada pandangan tentang apa yang akan dilakukan The Fed pada akhir bulan," kata Brian Lan, Managing Director di dealer GoldSilver Central yang berbasis di Singapura.

Baca Juga: Harga Emas Rebound ke Level US$1.716,59, Dipicu Sedikit Pelemahan Dolar AS

Emas belum benar-benar mendapatkan kembali kilaunya sebagai tempat lindung nilai yang aman dengan likuidasi yang terlihat di dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) dan banyak investor berada di sela-sela karena The Fed menaikkan suku bunga, Lan menambahkan.

Powell akan berpartisipasi dalam diskusi di konferensi Cato Institute di malam ini, yang bisa menjadi komentar publik terakhirnya sebelum pertemuan kebijakan yang digelar pada 20-21 September mendatang.

Pejabat The Fed mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka masih tidak yakin bahwa ketakutan inflasi AS yang terburuk telah berlalu, mengisyaratkan kelanjutan dari kenaikan suku bunga agresif bank sentral.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin atau 75 basis poin lagi pada bulan ini.

Investor juga mengharapkan kenaikan suku bunga yang besar dan kuat dari ECB untuk memerangi inflasi yang melonjak pada keputusan kebijakannya yang digelar pada 12:15 GMT, diikuti oleh konferensi pers dari Presiden ECB Christine Lagarde pada 12:45 GMT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×