kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,74   3,07   0.34%
  • EMAS961.000 -1,64%
  • RD.SAHAM 1.17%
  • RD.CAMPURAN 0.57%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Harga emas spot stabil di US$ 1.884 per ons troi pada pagi ini (1/10)


Kamis, 01 Oktober 2020 / 08:45 WIB
Harga emas spot stabil di US$ 1.884 per ons troi pada pagi ini (1/10)
ILUSTRASI. harga emas spot stabil

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Harga emas spot stabil di awal perdagangan hari ini karena dolar Amerika Serikat (AS) yang kembali lemas serta kemajuan dari paket bantuan virus corona di AS yang akhirnya menekan hasil positif dari data upah di Negeri Paman Sam.

Kamis (1/10) pukul 08.15 WIB, harga emas spot stabil di level US$ 1.884,67 per ons troi. Sementara harga emas berjangka AS kontrak pengiriman Desember 2020 turun 0,2% menjadi US$ 1.890,90 per ons troi. 

Pergerakan emas masih disokong pelemahan indeks dolar AS yang melayang di sekitar level terendah satu minggu di sesi sebelumnya. 

Di sisi lain, pembicaraan antara Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dengan Ketua DPR Nancy Pelosi sudah memiliki kemajuan tentang rencana stimulus baru bagi virus corona. Walau disebut menolak tawaran Partai Demokrat yang mengajukan paket bantuan senilai US$ 2,2 triliun, namun keduanya sepakat untuk kembali bernegosiasi.

Baca Juga: Debat presiden AS kacau, harga emas spot ditutup turun 0,3% ke US$ 1.892 per ons troi

Bahkan, DPR AS sudah menunda rencana pengambilan suara untuk paket stimulus senilai US$ 2,2 triliun tersebut karena melihat lebih banyak waktu untuk menjalin kesepakatan dengan pemerintahan Donald Trump. 

Walau belakangan cenderung melemah, harga emas sudah menguat 24% sepanjang tahun ini. Ini didukung oleh stimulus moneter dari bank sentral utama dan pemerintah.

Harga si kuning sempat tertekan setelah data tenaga kerja AS yang positif. Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP menunjukkan, perusahaan swasta AS meningkatkan perekrutan pada bulan September lalu. 

Namun, bagian data lain menunjukkan, produk domestik bruto AS jatuh pada ke level 31,4% yoy. Ini jadi penurunan paling tajam sejak pemerintah mulai melakukan pencatatan pada tahun 1947.

Sementara itu, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde menetapkan akan untuk melakukan perubahan strategi yang bisa menyelaraskan ECB dengan Federal Reserve AS. Ini termasuk komitmen untuk membiarkan inflasi melampaui batas setelah posisinya selalu rendah.

 

Selanjutnya: Bursa Asia menguat, Bursa saham Tokyo dihentikan sementara pada hari ini (1/10)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
MENAGIH UTANG ITU MUDAH Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 7

[X]
×