kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Naik Tipis ke US$1,816.56 Pagi Ini, Terangkat Pelemahan Dolar


Rabu, 18 Mei 2022 / 08:40 WIB
Harga Emas Spot Naik Tipis ke US$1,816.56 Pagi Ini, Terangkat Pelemahan Dolar
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas naik tipis pada hari Rabu (18/5). Dolar yang melemah melawan tekanan dari imbal hasil US Treasury yang lebih kuat dan sikap agresif terhadap inflasi oleh kepala Federal Reserve AS.

Dolar yang lebih lemah membuat emas lebih menarik bagi pembeli yang memegang mata uang lainnya.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,1% pada US$1,816.56 per ons troi, pada 0106 GMT. Emas berjangka AS turun 0,2% menjadi $1,814,50.

Dolar memperpanjang penurunannya ke hari keempat, mundur dari level tertinggi dua dekade baru-baru ini terhadap sekeranjang mata uang utama, karena meningkatnya selera investor untuk taruhan berisiko mengurangi daya tarik mata uang AS.

Namun, imbal hasil obligasi US Treasury 10-tahun tetap stabil setelah kenaikan tajam di sesi sebelumnya, membatasi permintaan emas dengan imbal hasil nol.

Ketua The Fed Jerome Powell pada hari Selasa berjanji bahwa bank sentral AS akan menaikkan suku bunga setinggi yang diperlukan untuk membunuh lonjakan inflasi yang katanya mengancam fondasi ekonomi.

Baca Juga: Harga Emas Spot Tergelincir Setelah Data Penjualan Ritel AS yang Kuat

The Fed telah menaikkan suku bunga acuannya sebesar tiga perempat poin persentase tahun ini, dan berada di jalur yang tepat untuk menaikkannya lagi dalam peningkatan setengah poin persentase pada dua pertemuan berikutnya di bulan Juni dan Juli.

Meskipun dipandang sebagai lindung nilai inflasi, emas batangan sensitif terhadap kenaikan suku bunga jangka pendek AS dan imbal hasil obligasi, yang meningkatkan biaya peluang untuk menahannya.

Penjualan ritel AS meningkat kuat di bulan April karena konsumen membeli kendaraan bermotor di tengah peningkatan pasokan dan restoran yang sering dikunjungi, tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan permintaan meskipun inflasi tinggi.

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,2% menjadi US$21,66 per ons troi, platinum naik 0,1% menjadi US$952,31, dan paladium naik 0,2% menjadi US$2.057,35.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×