kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Tergelincir Setelah Data Penjualan Ritel AS yang Kuat


Rabu, 18 Mei 2022 / 05:58 WIB
Harga Emas Spot Tergelincir Setelah Data Penjualan Ritel AS yang Kuat
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun pada Selasa (17/5), tertekan oleh data penjualan ritel Amerika Serikat (AS) yang kuat dan ekspektasi kenaikan suku bunga yang agresif, meskipun mundurnya dolar membatasi kerugian.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,5% menjadi US$1.815,19 per ons troi pada 14:40. ET (1840 GMT), dan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,3% pada US$1.818,9.

Penjualan ritel AS meningkat kuat pada bulan April, menunjukkan permintaan tetap kuat meskipun inflasi tinggi dan meredakan beberapa kekhawatiran bahwa ekonomi sedang menuju resesi.

Emas tampaknya berada di bawah tekanan sejak data tersebut, kata Ryan McKay, analis komoditas di TD Securities. "Sentimen untuk pasar logam mulia mulai berubah lebih bearish," katanya.

McKay menambahkan bahwa itu bisa menjadi berita buruk bagi emas untuk bergerak maju dengan beberapa likuidasi yang akan datang, terutama karena Federal Reserve terus mengeluarkan nada hawkish.

Bank sentral AS akan "terus mendorong" untuk memperketat kebijakan sampai jelas bahwa inflasi menurun.

Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan pada hari Selasa, menambahkan bahwa Bank Sentral AS akan mempertimbangkan untuk bergerak lebih agresif jika inflasi tidak turun dalam "kondisi yang jelas dan aman".

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap lonjakan inflasi, tetapi kenaikan suku bunga diterjemahkan ke dalam biaya peluang yang lebih tinggi untuk menahan emas yang tidak menghasilkan.

Sementara itu, pelemahan dolar AS, membuat emas batangan lebih murah bagi pemegang mata uang asing. Mencerminkan sentimen investor, kepemilikan mata uang dunia dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar, SPDR Gold Trust, berada di level terendah sejak awal Maret.

Di tempa lain, harga perak spot turun 0,4% menjadi US$21,52 per ons troi. Platinum naik 0,2% menjadi US$947,50 dan paladium naik 0,5% menjadi US$2.036,13 setelah naik sebanyak 3% sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×