kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Harga Emas Spot Menyentuh Level Terendah 1 Minggu


Senin, 15 Agustus 2022 / 23:14 WIB
Harga Emas Spot Menyentuh Level Terendah 1 Minggu
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun lebih dari 1% ke level terendah dalam seminggu pada hari Senin (15/8). Di tengah penurunan tajam pada logam mulia karena dolar yang lebih kuat, kekhawatiran atas kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve AS menambah tekanan pada emas.

Melansir Reuters, harga spot turun 1,3% menjadi US$1.778,35 per ons troi pada pukul 11:16 ET, setelah mencapai level terendah sejak 8 Agustus pada awal sesi. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 1,2% menjadi US$1.794,20.

Indeks dolar naik 0,4%, membuat emas dan komoditas lain yang dihargai dalam greenback lebih mahal bagi pembeli luar negeri.

"Emas telah tertahan di sekitar US$1.800, dan hari ini dolar yang lebih kuat mendorong emas dan seluruh kompleks komoditas lebih rendah," kata ahli strategi pasar senior RJO Futures Bob Haberkorn.

"Ini adalah perdagangan emas yang hati-hati saat ini, karena The Fed akan terus menaikkan suku bunga ... investor melihat kenaikan suku bunga di cakrawala."

Investor menunggu risalah dari pertemuan Fed Juli pada hari Rabu untuk isyarat tentang kemungkinan besarnya kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang.

Baca Juga: Harga Emas Spot Tergelincir ke US$ 1.792 Per Ons Troi Selepas Tengah Hari Ini (15/8)

Suku bunga yang lebih tinggi cenderung meningkatkan imbal hasil obligasi, meningkatkan biaya peluang memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Harga emas dan perak juga lebih rendah karena kekhawatiran permintaan setelah data ekonomi yang lemah dari China, kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals dalam sebuah catatan.

Output industri di China, konsumen emas terbesar dunia, meningkat pada 3,8% pada Juli dari tahun sebelumnya, melambat dari kenaikan 3,9% pada Juni.

Bullion menarik arus safe-haven selama kekhawatiran resesi, tetapi ekonomi yang melambat berpotensi menyebabkan rendahnya permintaan emas fisik.

Di tempat lain, harga perak spot turun 2,9% menjadi US$20,22 per ons troi, platinum turun 3,5% menjadi US$929,21, dan paladium turun 3,3% menjadi US$2.150,09.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×