kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Lanjutkan Penurunan 2 Hari ke US$2.022,19 pada Kamis (11/5)


Kamis, 11 Mei 2023 / 16:57 WIB
Harga Emas Spot Lanjutkan Penurunan 2 Hari ke US$2.022,19 pada Kamis (11/5)
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot memperpanjang penurunan ke sesi kedua pada hari Kamis (11/5), terseret penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara pasar tengah menilai data inflasi AS untuk mengukur langkah kebijakan The Fed berikutnya dan menunggu keputusan suku bunga Inggris.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,4% menjadi US$2.022,19 per ons troi pada pukul 09.19 GMT. Sementara harga emas berjangka AS turun 0,4% menjadi US$2.029,60.

Asal tahu, kenaikan tahunan harga konsumen AS melambat hingga di bawah 5% pada bulan April untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Meskipun, CPI bulan ke bulan pada April naik 0,4% setelah naik 0,1% di bulan Maret.

Baca Juga: Dua Faktor Utama yang Bikin Harga Emas Terbang

Analis UBS Giovanni Staunovo mengatakan, data inflasi AS masih "jauh di atas zona nyaman The Fed," menunjukkan bank sentral mungkin tidak segera mengubah arah kenaikan suku bunga dan itu telah memukul emas.

"Pembicaraan plafon utang jangka pendek dan data makro AS akan mempengaruhi harga emas. Jangka panjang, itu masih bisa lebih tinggi didorong oleh dolar yang lebih lemah dan suku bunga riil yang lebih rendah," tambah Staunovo.

Dolar naik pada hari Kamis karena yuan China merosot ke level terendah dua bulan setelah lebih banyak bukti kelemahan dalam pemulihan China pasca-COVID mengaburkan prospek ekonomi global.

Harga konsumen China naik pada laju paling lambat dalam lebih dari dua tahun di bulan Apri.

Meskipun emas dan dolar adalah aset safe-haven saingan, dolar yang lebih kuat membuat emas lebih mahal bagi pembeli di luar negeri.

Baca Juga: Harga Emas Antam Tak Bergerak Hari Ini 11 Mei, Tetap di Posisi Berikut

Secara terpisah, Carsten Menke, head of Next Generation Research Julius Baer mengatakan, kecuali resesi yang berbasis lebih luas dan lebih tahan lama, lebih banyak penurunan daripada kenaikan untuk emas dapat terlihat.

"Ayunan jangka pendek yang tajam, seperti yang dialami setelah laporan inflasi AS kemarin, tampaknya telah menjadi lebih umum akhir-akhir ini di pasar emas dan perak, menunjukkan peningkatan kegugupan," tambahnya.

Ke depan, Bank of England merilis keputusan kebijakannya pada 1100 GMT.

Di tempat lain, harga perak spot turun 2,1% menjadi US$24,90 per ons troi, platinum turun 1,7% menjadi US$1.095,37, dan paladium kehilangan hampir 2% menjadi US$1.575,81.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×