kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Naik Lagi, Pertempuran Ukraina Meningkatkan Permintaan Safe-Haven


Selasa, 22 Maret 2022 / 06:00 WIB
Harga Emas Naik Lagi, Pertempuran Ukraina Meningkatkan Permintaan Safe-Haven
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - ​JAKARTA. Harga emas naik pada hari Senin (21/3) karena pertempuran di Ukraina mendorong permintaan untuk safe-haven bullion. Sementara investor terus mengawasi pembicaraan damai Moskow-Kyiv.

Melansir Reuters, harga emas spot naik 0,5% menjadi US$1.931,16 per ons troi pada 13:51. ET (1751 GMT). Sedangkan, harga emas berjangka Amerika Serikat (AS) untuk April sebagian besar menetap tidak berubah di US$1.929,50.

"Eskalasi lain di sekitar Ukraina akan mendorong aliran safe haven yang signifikan ke emas, bahkan lindung nilai inflasi bergerak jika kita melihat sanksi yang memicu lonjakan komoditas lain," kata Craig Erlam, analis pasar OANDA.

Baca Juga: Kilau Emas Dorong Kenaikan Cadangan Devisa Februari 2022

Rusia dan Ukraina mendekati kesepakatan mengenai isu-isu "kritis", menteri luar negeri Turki mengatakan pada hari Minggu, tetapi permintaan untuk aset berisiko mundur dan harga minyak naik karena pertempuran berlanjut.

Sementara desas-desus potensi kompromi selama akhir pekan membawa harga emas turun dari level tertingginya, "tempat peluncuran emas berikutnya adalah area US$1.900," kata Rob Lutts, kepala investasi Cabot Wealth Management.

Pekan lalu, emas turun lebih dari 3% di tengah harapan untuk kemajuan dalam pembicaraan dan kenaikan suku bunga AS.

Di sisi lain, Presiden Bank Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic mengatakan pada hari Senin bahwa dia terbuka untuk pengetatan kebijakan yang lebih agresif, sambil memperkirakan enam kenaikan suku bunga untuk tahun 2022.

Pasar menyiratkan peluang 50-50 untuk kenaikan setengah poin di bulan Mei dan peluang yang lebih besar lagi di bulan Juni.

Baca Juga: Wall Street Berakhir di Zona Merah Setelah Pernyataan Powell yang Hawkish

"Bahkan jika perkiraan kenaikan suku bunga Fed menjadi kenyataan, inflasi akan tetap di depan, dan suku bunga riil negatif, menjaga lingkungan positif untuk emas dalam jangka menengah," tulis analis di logam mulia Heraeus dalam sebuah catatan.

Di tempat lain, harga perak spot naik 0,8% menjadi US$25,15, platinum naik 1,7% pada US$1.038,98, dan paladium naik 3,2% menjadi US$2.569,68.

Heraeus menambahkan, konflik Ukraina ditambah dengan pembatasan terkait Covid-19 di pusat fabrikasi semikonduktor di China dapat merusak permintaan otomotif untuk logam seperti paladium, yang digunakan sebagai autokatalis dalam knalpot kendaraan untuk mengekang emisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×