kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas hari ini jatuh, mantap di jalur penurunan bulanan terbesar


Rabu, 30 September 2020 / 19:49 WIB
Harga emas hari ini jatuh, mantap di jalur penurunan bulanan terbesar
ILUSTRASI. Seorang petugas memperlihatkan logam mulia emas produksi Antam di gerai Pegadaian Galeri24, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Harga emas hari ini jatuh dan mantap berada di jalur penurunan bulanan terbesar dalam hampir empat tahun terakhir. Sebab, dollar menuai keuntungan dari kehati-hatian yang merayap ke pasar keuangan setelah debat Presiden AS yang pertama. 

Harga emas spot emas turun 0,6% menjadi US$ 1.885,49 per ons troi pada pukul 18.29 WIB. Sejauh ini, harga emas spot merosot hingga 4,3% pada September, menjadikannya kinerja bulanan terburuk sejak November 2016 lalu. 

Sementara harga emas berjangka AS melorot 0,7% ke posisi US$ 1.890,20 per ons troi. 

"Saya pikir, dari perspektif harga emas, itu (debat Presiden AS) bukan peristiwa. Dan, semua yang kami lihat, yang emas lakukan adalah menghormati hubungan terbalik dengan dollar AS," kata analis independen Ross Norman kepada Reuters. 

Baca Juga: Selepas tengah hari, harga emas spot turun 0,52% ke level US$ 1.888 per ons troi

Harga emas masih memiliki momentum

Norman mengatakan, harga emas masih memiliki momentum, tetapi mungkin telah memperoleh sebagian besar keuntungannya tahun ini. "Harga emas berada dalam pola konsolidasi, namun dalam tren bullish," ujarnya. 

Debat Presiden AS pertama yang kacau membuat investor berhati-hati dan mendorong mereka untuk mencari perlindungan terhadap dollar negeri uak Sam, mengurangi daya tarik emas bagi pemegang mata uang lainnya. 

Indeks dollar AS mencapai bulan terbaiknya sejak Juli 2019. 

Harga emas juga gagal memanfaatkan penurunan bursa saham AS, setelah Donald Trump meragukan, apakah ia akan menerima hasil pemilihan presiden. 

Baca Juga: Harga emas hari ini (30/9) di Butik Emas Antam naik Rp 2.000 per gram

"Jika Anda mendapatkan situasi di mana Trump menolak untuk mengakui hasil pemilihan presiden karena dia kalah, maka saya pikir itu akan sangat menguntungkan bagi harga emas," kata  Bernard Dahdah, analis Natixis kepada Reuters

Meskipun sikap Trump tersebut mungkin bukan skenario sentimen dasar untuk harga emas, peristiwa semacam itu akan menimbulkan pertanyaan tentang sistem politik dan ekonomi AS dan karenanya menguntungkan harga emas, Dahdah menambahkan. 

Selanjutnya: Harga emas Antam naik Rp 2.000 menjadi Rp 1.016.000 per gram pada Rabu (30/9)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×