kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga emas Antam tertahan lesu rupiah


Senin, 25 November 2013 / 08:59 WIB
Harga emas Antam tertahan lesu rupiah
ILUSTRASI. Beli paket Combo Togetherness dari Richeese berlaku potongan harga Rp 10.000 (Dok/Richeese Factory)


Reporter: Rizki Caturini, Agus Triyono, Febrina Ratna Iskana | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Kejatuhan harga emas di pasar spot semestinya menjadi peluang bagi investor untuk mengoleksi emas batangan Aneka Tambang (Antam) di harga murah. Dalam sebulan, harga emas di pasar spot untuk pengiriman Februari 2014 di Comex turun 7,32%. Dari posisi harga tertinggi dalam setahun terakhir, harga emas telah terkoreksi 29,53% menjadi US$ 1244,60 per ons troi, Jumat (22/11).

Dalam sebulan, harga emas batangan turun 2,62%. Harga memang sudah relatif murah, meskipun belum serendah harga di awal tahun. "Sehingga, beli bisa jadi salah satu opsi bagi investor di kala harga emas di pasar spot sedang turun seperti sekarang," ujar Suluh Adil Wicaksono, analis PT Millenium Penata Futures.

Namun, kondisi rupiah yang sedang terpuruk seperti sekarang menyulitkan investor untuk mendapatkan harga terbaik. Suluh mengatakan, pelemahan rupiah terhadap dollar AS membuat harga emas Antam tidak jatuh sedalam emas di pasar spot. Harga emas Antam ukuran 1 gram, Jumat (22/11), bertengger di Rp 520.000 per gram.  

Para analis memperkirakan harga emas dunia masih akan tertekan hingga tahun depan. Namun, pelemahan harga global tak akan berimbas banyak pada harga emas di dalam negeri. Perkiraan analis SoeGe Futures Nizar Hilmy, harga emas Antam setahun ke depan hanya bergerak di rentang Rp 490.000-Rp 550.000 per gram. Ini akan menyulitkan investor untuk menentukan waktu terbaik untuk membeli emas.

Bagi investor yang ingin melepas emasnya, Nizar merekomendasikan untuk menunggu harga naik dan melebihi harga waktu pembelian. Tapi, kemungkinan besar, rebound harga emas akan memakan waktu cukup lama. "Kondisi seperti ini cukup menyulitkan investor emas untuk meraih cuan," kata Nizar.   

Namun, bagi investor yang tetap berniat mengoleksi emas, Nizar merekomendasikan waktu pembelian di akhir tahun ini dan awal tahun depan. "Harga emas pada saat-saat itu akan cenderung melemah," kata dia.  

Juni Sutikno, analis Philip Futures, menyarankan para investor untuk wait and see karena ada potensi koreksi harga emas masih belum usai. Prediksi Juni, harga emas lantakan dalam sepekan di kisaran Rp 550.000-Rp 575.000 per gram. Proyeksi Suluh, emas Antam di kisaran 528.000 per gram di akhir tahun.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×