kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.000,15   6,55   0.66%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga bitcoin berpeluang melaju, berikut faktor pendorongnya


Sabtu, 20 Juli 2019 / 08:45 WIB
Harga bitcoin berpeluang melaju, berikut faktor pendorongnya


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siklus halving day yang akan mencapai puncaknya sekitar Mei 2020 diperkirakan bakal mendongkrak harga mata uang kripto bitcoin. Ke depan, harga bitcoin diprediksi bakal kembali meroket.

Asal tahu saja, halving day merupakan bentuk pengurangan pasokan yang nantinya akan membantu harga bitcoin maupun mata uang kripto lainnya untuk terus naik dalam beberapa waktu mendatang.

Menurut CEO Rekeningku.com Sumardi Fung, sentimen ini saja sudah bisa membuat ekosistem bitcoin jauh lebih baik ketimbang tahun lalu ketika tren penurunan harga kerap terjadi.

Sumardi memproyeksikan, selama proses waktu menuju halving  day nanti, bukan tidak mungkin harga bitcoin bisa berada di area US$ 13.000 sampai US$ 15.000 per BTC. “Harga bitcoin memang harus naik agar para penambang bisa merasakan keuntungan saat halving day,” terangnya, Jumat (19/7).

Di sisi lain, Analis Crytowatch Asia Christopher Tahir mengatakan, proses menuju lonjakan harga jelang halving day yang mesti dilalui bitcoin tidaklah mudah. Bahkan, ada kemungkinan harga bitcoin bisa kembali turun dalam waktu dua hingga empat pekan ke depan.

“Harga bitcoin masih bisa turun di bawah US$ 9.000 per BTC. Ini masih koreksi yang wajar karena bitcoin masih mencari momentum terbaik untuk kembali naik,” tukasnya, Jumat (19/7).

Dari situ, ia menyarankan investor yang belum bisa membaca pergerakan harga bitcoin secara pasti, tetap bisa melakukan pembelian secara berkala. Dalam hal ini, investor bisa mencicil pembelian bitcoin dengan harga yang sama dan dilakukan di waktu yang berbeda-beda, namun tetap terjadwal.

Sumardi juga menilai, bitcoin tetap memiliki daya tarik yang tinggi. Jika ingin berinvestasi bitcoin untuk jangka waktu pendek, investor bisa melakukan pembelian dari sekarang. Ketika harga kembali menyentuh US$ 13.000 per BTC, investor sudah bisa mulai ambil keuntungan.

“Kalau ingin jangka waktu yang lebih lama, investor bisa beli bitcoin dan tahan sampai bulan Mei tahun depan ketika halving day tiba,” tandas dia.

Sebagai catatan, mengutip situs coinmarketcap.com, Jumat (19/7) pukul 17.20 WIB harga bitcoin berada di level US$ 10.361,01 per BTC. Bila dihitung dari akhir tahun lalu, harga bitcoin masih dalam tren positif lantaran mengalami kenaikan hingga 167,94% (ytd).

Tak hanya itu, pada 27 Juni lalu, harga mata uang kripto ini bertengger di level 13.387,26 per BTC atau level tertinggi sejak awal Januari 2017 silam. Per 10 Juli kemarin pun harga bitcoin masih berada di area US$ 13.000 per BTC. Akan tetapi, setelahnya harga bitcoin kembali merosot hingga ke level pada saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×