kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga batubara tren naik, apakah saham ADRO, PTBA, ITMG, UNTR, HRUM yang layak beli?


Senin, 23 Agustus 2021 / 08:49 WIB
Harga batubara tren naik, apakah saham ADRO, PTBA, ITMG, UNTR, HRUM yang layak beli?
ILUSTRASI. Harga batubara tren naik, apakah saham ADRO, PTBA, ITMG, UNTR, HRUM yang layak beli?


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren kenaikan harga batubara di pasar dunia terus berlanjut jelang akhir Agustus 2021. Saat harga batubara naik, apakah saham-saham di sektor batubara seperti PTBA, ADRO, HRUM, ITMG dll direkomendasikan untuk dibeli?

Seperti diketahui Harga batubara Newcastle sempat meroket ke rekor tertingginya sepanjang masa di level US$ 171 per ton. Namun analis rekomendasi tidak semua saham batubara layak dibeli. 

Analis BRIDanareksa Sekuritas Stefanus Darmagiri memperkirakan, perusahaan batubara akan membukukan laba bersih yang solid di kuartal ketiga ini. Naiknya kinerja emiten akan didorong oleh harga jual rata-rata atau average selling price (ASP) batubara yang lebih solid. 

Hal ini karena sebagian besar volume penjualan batubara didasarkan pada kontrak serta adanya jeda (lag) hingga 6 bulan antara harga batubara global dan ASP perusahaan.

Membaiknya kinerja juga didukung oleh ekspektasi produksi batubara yang lebih baik seiring datangnya cuaca yang kering. 

Baca Juga: Simak rekomendasi saham emiten properti di tengah perpanjangan PPN properti

Stefanus mencatat, sejumlah emiten batubara yang telah mengumumkan hasil  kinerja semester I-2021 melaporkan marjin EBITDA yang lebih baik, diantaranya PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) sebesar 32,7% (dari sebelumnya 12,4%) dan PT Harum Energy Tbk (HRUM) sebesar 38,3% (dari sebelumnya 21,4%).

Sementara itu, ada pula emiten yang akan mendapat berkah lebih dari adanya penguatan harga batubara global tahun ini. Analis RHB Sekuritas Andrey Wijaya menyebut, emiten berbasis ekspor seperti ITMG dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO) adalah dua diantaranya.

Asal tahu, sepanjang semester I-2021, ADRO mencatatkan  volume penjualan batubara sebesar 25,78 juta ton. Berdasarkan segmentasi geografis, sebanyak 28% dari total penjualan batubara ADRO dilempar ke pasar domestik. Pasar Asia Tenggara (tidak termasuk Indonesia) meliputi 22% dari total penjualan pada semester I-2021, dengan Malaysia sebagai yang terbesar.

Porsi penjualan ke China naik menjadi 20%, sementara sebanyak 18% penjualan ADRO dilempar ke pasar Asia Timur lainnya (selain China) dan 10% nya dijual ke pasar India.

Sementara sepanjang paruh pertama tahun 2021, ITMG telah menjual 9,0 juta ton batubara.  Penjualan terbesar ditujukan kepada China (2,7 juta ton), disusul ke pasar Indonesia (1,7 juta ton), Jepang (1,4 juta ton), Filipina (0,7 juta ton), Thailand (0,7 juta ton), dan negara-negara lain di Asia Timur dan Tenggara.

Baca Juga: Insentif PPN properti diperpanjang, simak rekomendasi saham CTRA, SMRA, PWON, BSDE

Simak rekomendasi saham batubara di halaman selanjutnya




TERBARU

[X]
×