kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Harga Batubara Tinggi, Sumber Global Energy (SGER) Targetkan Penjualan Rp 5 Triliun


Jumat, 01 Juli 2022 / 17:36 WIB
Harga Batubara Tinggi, Sumber Global Energy (SGER) Targetkan Penjualan Rp 5 Triliun
ILUSTRASI. PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Senin (10/8). 


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga batubara yang masih di atas angin mendorong PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) mematok target kinerja lebih tinggi tahun ini. Emiten yang bergerak di bidang perdagangan (trading) batubara ini menargetkan pendapatan di 2022 mencapai Rp 5 triliun.

Sebagai perbandingan, tahun lalu SGER membukukan pendapatan senilai Rp 3,92 triliun. Jumlah tersebut melonjak 93,10% dari realisasi pendapatan di tahun 2020 yang sebesar Rp 2,03 triliun. Dari sisi operasional, SGER menargetkan kapasitas shipment batubara sebanyak 4,5 juta metrik ton  tahun ini. 

Direktur Utama Sumber Global Energy Welly Thomas mengatakan, terdapat dua faktor yang mendorong kinerja SGER tahun ini. Pertama, SGER meningkatkan volume penjualan batubara lokal melalui anak perusahaannya, PT Sumber Mineral Global Abadi. 

Kedua, SGER lebih agresif untuk meningkatkan penjualan di kawasan Asia melalui anak perusahaannya, yakni Hineni Resources Pte Ltd yang berkedudukan di Singapura.

Baca Juga: Sri Mulyani Pastikan Beri PMN Untuk Garuda Indonesia (GIAA) Sebesar Rp 7,5 Triliun

Welly menuturkan, SGER menjual batubaranya sebagian besar di wilayah Asia, diantaranya Vietnam, Korea Selatan, Bangladesh, India, China dan Filipina. 

Ke depan, Welly memandang pasar ekspor batubara masih sangat baik. Pandangan ini diperkuat dengan strategi perusahaan yang agresif untuk meningkatkan penjualan pada pasar wilayah Asia dan Eropa. Saat ini SGER telah melakukan pengiriman ke Rotterdam, Belanda.

Selain itu, saat ini SGER juga dalam proses pengiriman ke Polandia dan tengah bernegosiasi dengan negara Eropa lainnya. 

”Sedangkan untuk pasar Asia, saat ini SGER tengah bernegosiasi dengan negara Malaysia,” terang Welly kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Per kuartal pertama 2022, realisasi volume shipment batubara SGER adalah sebesar 870.470,36 MT, dengan pertumbuhan sebesar 128,17% dibandingkan dengan kuartal pertama 2021 sebesar 379.806,59 MT. Asal tahu, volume shipment SGER berhasil tumbuh meskipun terdapat pelarangan ekspor batubara oleh pemerintah di awal 2022.

Adapun volume penjualan ekspor SGER pada tiga bulan pertama 2022 mengalami kenaikan sebesar 119,83%. Welly menyebut, peningkatan tersebut terjadi karena pada periode yang sama, Hineni Resources Pte Ltd, yang merupakan  anak perusahaan SGER membukukan volume penjualan sebesar 519.864 MT.

Baca Juga: Saranacentral Bajatama (BAJA) Fokus ke Penjualan di Segmen Proyek di Tahun Ini

Tak hanya penjualan ekspor, strategi menggenjot penjualan untuk pasar lokal juga telah memberikan dampak yang positif pada pendapatan SGER. Ini tercermin pada volume penjualan ke pasar lokal pada kuartal pertama 2022 yang mencapai 153.744,27 MT. Jumlah ini melonjak 185% dari realisasi shipment di kuartal pertama 2021 yang  hanya 53.801,59 MT. 

Welly mengatakan, penjualan lokal dilakukan melalui anak perusahaan SGER, yaitu PT Sumber Mineral Global Abadi yang telah memasok batubara ke sektor refinery dan industri semen. 

“Di samping itu SGER telah menambah offtake beberapa tambang baru guna memperkuat supply batubara,” sambung dia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×