kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Hampir seluruh bursa Asia menguat karena penurunan tensi perang dagang


Kamis, 12 September 2019 / 08:51 WIB
Hampir seluruh bursa Asia menguat karena penurunan tensi perang dagang
ILUSTRASI. Bursa Asia

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir seluruh bursa Asia menguat pada Kamis (12/9) pagi. Hari ini pukul 8.39 WIB, indeks Nikkei 225 menguat 0,92% ke 21.799. Hang Seng turun 0,25% ke 27.091.

Indeks Shanghai menguat 0,26% ke 3.016. Sedangkan Taiex naik 0,34% ke 10.827. Indeks Straits Times turun tipis 0,01% poin ke 3.203. Sedangkan FTSE Bursa Malaysia naik 0,30% ke 1.607. Indeks Kospi tutup pada perdagangan hari ini.

Penurunan tensi perang dagang Amerika Serikat (AS) dan China menjelang negosiasi awal Oktober menjadi salah satu sentimen positif pasar saham. Kedua negara menunjukkan itikad baik beberapa pekan sebelum bertemu di Washington.

Baca Juga: Harga emas berjangka turun menguji US$ 1.500

China mengecualikan penerapan tarif pada sejumlah produk dari AS. Sementara Presiden AS Donald Trump mengungkapkan akan menunda kenaikan tarif dari awalnya 1 Oktober menjadi 15 Oktober. AS berniat menaikkan tarif impor produk China dari 25% menjadi 30% pada tanggal tersebut.

"Komentar Trump menambah sisi positif, tapi bisa hilang besok. Reaksi pasar sebenarnya terbatas karena Trump bernegosiasi secara terbuka. Saya lebih khawatir tentang Brexit," kata Hugh Dive, chief investment officer Atlas Fund Management kepada Reuters.

Baca Juga: Wall Street terangkat harapan negosiasi dagang yang positif

Proses Brexit di dalam negeri Inggris masih pelik. Brexit akan menjadi risiko bagi Uni Eropa sehingga pasar saham Asia pun mencermati agenda European Central Bank (ECB) yang diprediksikan mengucurkan pelonggaran moneter pada hari ini.




TERBARU

Close [X]
×