kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Gunung Raja Paksi (GGRP) jadi salah satu pabrik baja pertama yang beli kredit karbon


Rabu, 03 November 2021 / 12:05 WIB
Gunung Raja Paksi (GGRP) jadi salah satu pabrik baja pertama yang beli kredit karbon
Kawasan hijau di lingkungan pabrik baja Gunung Raja Paksi (GGRP).


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) menjadi pabrik baja pertama di Indonesia dan salah satu yang pertama di Asia yang membeli kredit karbon.

Pembelian melalui Gunung Capital tersebut dilakukan dengan pembelian carbon offset dari Climate Impact X (CIX), yang merupakan pasar pertukaran kredit karbon global sekaligus pemimpin lelang. GGRP melakukan pembelian sebanyak 10.000 ton karbon dengan harga US$ 8 per ton.

Presiden Direktur Gunung Raja Paksi Abednedju Giovano Warani Sangkaeng menuturkan, keterlibatan GGRP dalam pembelian kredit karbon melalui lelang tersebut merupakan bukti keseriusan GGRP menangani perubahan iklim dan penegakan aspek environmental, social and corporate governance (ESG).

GGRP berkomitmen menjadi pabrik baja pertama di Indonesia dan salah satu yang pertama di Asia, yang menggunakan penyeimbangan karbon sebagai strategi utama bisnis. “Kegiatan ini juga melengkapi strategi dan upaya GGRP dalam dekabornisasi,” kata Sangkaeng dalam keterangan resminya, Rabu (3/11).

Baca Juga: Pendapatan Harum Energy (HRUM) naik 50,9% jadi US$ 205,54 juta per kuartal III

Lelang tersebut berhasil membersihkan 170.000 kredit karbon dari delapan proyek Natural Climate Solutions (NCS). Setiap proyek NCS meliputi kegiatan reboisasi dan pencegahan deforestasi di seluruh Afrika, Asia, dan Amerika Latin.

Pria yang akrab disapa Argo tersebut menjelaskan, proyek-proyek ini menunjukkan kinerja penyerapan karbon yang tinggi dan manfaat tambahan yang lebih luas, seperti mendukung keanekaragaman hayati, pembangunan sosial, serta pembangunan ekonomi di tingkat lokal. “Kegiatan lelang ini merupakan yang pertama di pasar karbon dalam skala global,” sambung dia.

Presiden Komisaris Gunung Raja Paksi Tony Taniwan mengatakan, pembelian kredit karbon tersebut merupakan tonggak penting dan komitmen GGRP untuk mendorong adopsi teknologi dekarbonisasi dan inovasi di sektor baja. “Dan pada akhirnya, perusahaan akan menyalurkan lebih banyak modal untuk kegiatan perusahaan yang berkelanjutan,” ungkap Tony.

CEO Gunung Capital, Kimin Tanoto menegaskan, pihaknya meyakini dengan membeli karbon berkualitas tinggi, GGRP akan menjadi pemangku kepentingan yang bertanggung jawab dan melindungi alam. “Kami menunjukkan sikap yang dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain. Fokus kami, menjalankan kegiatan produksi baja yang dapat melindungi lingkungan dengan lebih baik lagi,” kata Kimin.

Selanjutnya: Garuda Maintenance Facility (GMFI) sedang fokus melakukan diversifikasi bisnis

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×