kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,14   -2,37   -0.26%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grup Telkom (TLKM) Gandeng BW Digital Untuk Bangun SKKL Hawaiki Nui 1


Rabu, 15 Mei 2024 / 16:49 WIB
Grup Telkom (TLKM) Gandeng BW Digital Untuk Bangun SKKL Hawaiki Nui 1
PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui entitas usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) menjalin kerja sama dengan DW Digital untuk pembangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Hawaiki Nui 1.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui entitas usahanya, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) menjalin kerja sama dengan DW Digital untuk pembangunan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Hawaiki Nui 1. 

Chief Executive Officer Telin, Budi Satria Dharma Purba, menjelaskan nantinya Telin dan BW Digital akan bekerja sama untuk mengembangkan, mengadakan, dan membangun Hawaiki Nui 1, yang diperkirakan akan siap beroperasi pada 2027. 

Hawaiki Nui 1 memiliki kapasitas desain lebih dari 240 Tbps alias Terbit per detik yang akan menghubungkan Australia, Indonesia dan Singapura termasuk Kepulauan Solomon, Papua Nugini dan Timor Leste. 

Baca Juga: Telkom Indonesia dan XL Axiata Sambut Positif Kehadiran Starlink di Indonesia

Budi bilang membangun sekitar 10.000 km, Hawaiki Nui 1 akan menjadi rute baru yang lebih efisien di timur laut Australia melalui Selat Torres. Ini merupakan tahap pertama dari program pengembangan SKKL BW Digital. 

"Sistem ini juga akan menyediakan tautan kabel langsung yang pertama antara Sydney dan Darwin, serta dari Darwin ke Singapura, dengan cabang ke Jakarta dan Batam," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (15/5). 

Kerja sama ini merupakan merupakan kelanjutan dari kemitraan antara BW Digital dan Citramas Group pada awal Maret lalu. Keduanya telah sepakat untuk membangun ekosistem digital di Nongsa Digital Park yang terletak di Batam. 

Baca Juga: Telkom (TLKM) Targetkan Bisa Memasarkan 50% Kapasitas Satelit Merah Putih 2 di 2024

Nantinya, Hawaiki Nui 1 akan mendukung pengembangan ekosistem digital di Nongsa Digital Park. Bersama dengan kabel Hawaiki yang sudah ada, SKKL anyar ini akan menawarkan konektivitas kepada pelanggan di kawasan Asia-Pasifik. 

Selanjutnya: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

Menarik Dibaca: 5 Cara Mengatasi Bayi yang Menangis Terus, Jangan Panik Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×