kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gojek Tokopedia (GOTO) Umumkan TikTok Telah Tuntaskan Investasinya di Tokopedia


Rabu, 31 Januari 2024 / 17:10 WIB
Gojek Tokopedia (GOTO) Umumkan TikTok Telah Tuntaskan Investasinya di Tokopedia
ILUSTRASI. Tokopedia mempermudah masyarakat saling mengirimkan hadiah Natal dan Tahun Baru melalui sejumlah inisiatif, seperti Tokopedia Gift Card, berbagai kampanye, hingga fitur digital.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) pada Rabu (31/1), mengumumkan TikTok Pte. Ltd. resmi menuntaskan kesepakatan investasinya US$ 1,5 miliar kepada PT Tokopedia.

"Hari ini kami telah menyelesaikan transaksi kerjasama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM," kata Patrick Walujo, Direktur Utama Grup GOTO, Rabu (31/1). 

Seperti diketahui, GOTO dan TikTok juga menandatangani perjanjian pengambilbagian saham PT Tokopedia sehubungan dengan investasi tambahan. 

Baca Juga: Kepemilikan Investor Asing pada Saham Gojek Tokopedia (GOTO) Terus Menyusut

PT Tokopedia menerbitkan saham baru yang akan bayar oleh TikTok senilai US$ 840 juta. Dus, TikTok resmi menggenggam 75,01% saham atau setara dengan 38,18 juta saham Tokopedia. 

Sementara GOTO akan memiliki 24,99% saham PT Tokopedia. Alhasil, dengan investasi ini TikTok akan menjadi pengendali baru untuk Tokopedia. 

TikTok juga membeli aset milik Tokopedia itu berupa kontrak bisnis dan hak eksklusif senilai US$ 340 juta. Aset ini akan digunakan TikTok untuk menghidupkan kembali TikTok Shop di Indonesia. 

Baca Juga: JP Morgan Drops Gojek Tokopedia (GOTO) Shares, Here's the Analysts' Recommendation

Pada saat penyelesaian rencana investasi, Tokopedia juga akan menerima promissory note dari TikTok sebesar US$ 1 miliar. Angka ini setara dengan Rp 15,53 triliun. 

Promissory note itu dapat digunakan untuk kebutuhan modal kerja Tokopedia di masa mendatang. Namun manajemen belum memastikan kapan dana itu akan seluruhnya dibagikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×