kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45896,66   8,93   1.01%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

GMFI Optimistis Raup Pendapatan Melampaui Target


Sabtu, 29 Juni 2024 / 19:21 WIB
 GMFI Optimistis Raup Pendapatan Melampaui Target
ILUSTRASI. Kerja sama Garuda Maintenance (GMFI) dengan TNI AU.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) optimistis bisa mencetak pertumbuhan kinerja positif tahun ini. Perusahaan ini yakin bisa mencetak pendapatan melampaui target rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) yang ditetapkan sebelumnya sebesar US$ 389,15 juta. 

Direktur Utama GMFI, Andi Fahrurrozi mengatakan, optimisme tersebut didorong oleh capaian kinerja yang sudah ditorehkan di kuartal I-2024. “Hal ini mencerminkan keyakinan dalam kemampuan Perseroan untuk terus berkembang dan berkontribusi pada industri penerbangan secara keseluruhan,” kata dia dalam keterangan resminya, Sabtu (29/6).

Pada kuartal I-2024, GMFI membukukan pendapatan sebesar US$ 98,58 juta, tumbuh 14,8% secara tahunan atau year on year (yoy). Andi bilang, kontributor terbesar pendapartan tersebut berasal dari segmen airframe. 

GMFI juga mencatatkan margin operasi  dan bottom line yang positif. Sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, perseroan mencetak laba bersie US$ 2,46 juta, naik signifikan dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 1,1 juta.

Baca Juga: Hotel Sahid (SHID) Menyiapkan Belanja Modal Rp 55,6 Miliar

Andi menambahkan, GMFI saat ini sedang melakukan berbagai program untuk perbaikan ekuitas, sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan nilai perusahaan dan kepuasan pelanggan.

Perusahaan ini  masih mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Pertahanan untuk melaksanakan modernisasi pesawat Hercules C-130 dan kembali mendapat kontrak pemeliharaan pesawat Boeing Business Jet dari Kementerian Sekretariat Negara yang kemudian dilanjutkan lagi pada  2024. 

Andi bilang, pihaknya akan melanjutkan ekspansinya pada sektor pertahanan dengan penambahan kapabilitas untuk merawat helicopter Bell 412, dan untuk proyek pertamanya telah melalui uji fungsi dan uji terbang setelah menjalani paket pemeliharaan PI 5 years/5000 hours.

Di awal tahun ini, GMFI melakukan penandatanganan kerjasama untuk pengembangan kapabilitas modernisasi helikopter Super Puma dengan Airbus Helicopter dan telah mendapatkan kepercayaan untuk merawat pesawat 737NG milik Kepolisian.

Sementara itu, laporan keuangan GMFI tahun 2023 sudah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Sepanjang 20203, perusahaan ini membukukan pendapatan US$ 373.2 juta dan laba bersih US$ 20.2 juta yang yang tumbuh signifikan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMFI) Mengejar Pendapatan US$ 389 Juta

“Tahun 2023 adalah tahun yang penuh tantangan namun juga memberikan banyak peluang bagi GMFI. Kami berhasil meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan melayani pelanggan dengan lebih unggul. Kami terus memperkuat strategi dalam peningkatan profitabilitas, restrukturisasi utang, dan perbaikan ekuitas untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.” kata Andi.

RUPST juga meneyetujui pengangkatan kembali Ali Gunawan dan  Agit Atriantio sebagai Komisaris Independen perseroan. Dengan begitupun, susunan pengurus GMFI menjadi sebagai berikut: 

Dewan Komsisaris:
Komisaris Utama/Independen: Dharmadi
Komisaris Independen : Ali Gunawan
Komisaris : Rahmat Hanafi 
Komisaris Independen : Abhan
Komisaris Independen : Agit Atriantio

Dewan Direksi:
Direktur Utama : Andi Fahrurrozi 
Direktur Keuangan : Salusra Satria
Direktur Human Capital & Corporate Affairs : Pudjo Sarwoko
Direktur Line Operation : Mukhtaris
Direktur Base Operation : Irvan Pribadi

Selanjutnya: Chelsea Rekrut Penyerang Muda Kellyman dari Villa Senilai US$24,02 Juta

Menarik Dibaca: Masak Ala Chef, Ini Tips Mengolah Dada Ayam Supaya Lebih Empuk daripada Biasanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×