kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45996,76   -4,98   -0.50%
  • EMAS979.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Genjot Ekspor, Sekar Bumi (SKBM) Jajaki Pasar China dan Timur Tengah


Selasa, 28 Juni 2022 / 21:09 WIB
Genjot Ekspor, Sekar Bumi (SKBM) Jajaki Pasar China dan Timur Tengah
ILUSTRASI. Fasilitas pengolahan hasil perikanan dan peternakan, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM). 


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen makanan beku, PT Sekar Bumi Tbk (SKBM) tengah menjajaki kemungkinan pemasaran produk di pasar China dan Timur tengah. Hal itu sebagai upaya perseroan memperluas cakupan ekspor yang saat ini fokus besarnya hanya di Amerika Serikat (AS).

Presiden Direktur PT Sekar Bumi Tbk Harry Lukmito mengatakan, SKBM akan mencari peluang untuk membuka pasar ekspor baru dengan membidik China atupun negara-negara Timur Tengah untuk penjualan processed food.

“Kami terus menggenjot pasar domestik dan mempertahankan kekuatan kami di pasar ekspor. Ditambah upaya kami dalam menghadirkan inovasi produk perikanan,” ujar Harry dalam paparan publik virtual, Selasa (28/6).

Baca Juga: Sekar Bumi (SKBM) Optimis Mampu Membukukan Pertumbuhan Kinerja di Tahun Ini

Harry mengungkapkan, Amerika Serikat masih menjadi penunjang terkuat dalam peningkatan penjualan. Di mana, SKBM telah menerima persetujuan sebagai approved-suplier supermarket (retailer) di Amerika Serikat seperti Walmart, Costco, Kroger, Ahold, Publix, Aldi, Woolworths dan sebagainya.

Oleh karena itu, belanja modal atau capital expenditure (capex) pun telah dialokasikan SKBM sebesar Rp 30 miliar untuk mendukung pengembangan produk processed food.

Sejauh ini, sekitar 25% capex telah terserap untuk menambah mesin-mesin baru terutama untuk pengembangan produk Dimsum, Fishball, dan lain-lain.

Disamping itu, SKBM juga terus menangkap peluang yang ada di pasar domestik terutama penjualan di Pulau Jawa yang merupakan kontributor terbesar di Indonesia. SKBM menilai penjualan di domestik masih sangat bagus seiring daya beli masyarakat yang perlahan pulih.

Untuk itu, SKBM berupaya untuk memperbanyak jumlah freezer dan mitra agar memperluas pasar yang tidak hanya sebatas di pulau Jawa. SKBM kini tengah merancang proyek khusus berupa kampanye dan promosi produk.

Dari sisi inovasi, perusahaan akan fokus pada penjualan frozen seafood yang dianggap bisa dikembangkan lebih luas. Misalnya, produk seafood akan diinovasikan dengan mengolah variasi, warna, tekstur hingga ukurannya.

Baca Juga: Sekar Bumi (SKBM) menyerap capex Rp 15 miliar hingga akhir September

Di tahun lalu Sekar Bumi telah meluncurkan produk-produk makanan olahan terbaru di seperti produk #Jagoandumpling dengan varian isi keju, bolognese, rendang, kari dan ayam.

“Jadi inovasi produk adalah kunci. Itu juga yang akan kami fokuskan di tahun ini,” tambah Howard Ken Lukmito, Direktur SKBM dalam kesempatan yang sama.

Sebagai informasi tambahan, produk dari frozen seafood yang diproduksi oleh SKBM meliputi udang, ikan, kaki katak, dan gurita. Sementara, produk dari processed food seperti dimsum dan tempura. Produk-produk SKBM dipasarkan dengan berbagai merek diantaranya SKB, Bumifood dan Mitraku.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×