kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelontoran stimulus dongkrak harga perak sentuh level tertingginya dalam enam tahun


Rabu, 22 Juli 2020 / 18:37 WIB
Gelontoran stimulus dongkrak harga perak sentuh level tertingginya dalam enam tahun
ILUSTRASI. harga perak


Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga perak terus melambung. Merujuk Bloomberg, pada Rabu (22/7) pukul 18.00 WIB harga perak spot berada di level US$ 21,16 per ons troi. Harga tersebut merupakan yang tertinggi sejak 2014 silam.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan kenaikan harga perak tidak terlepas dari naiknya harga emas dunia. Salah satu penyebabnya adalah adanya gelontoran stimulus dari Uni Eropa untuk pemulihan ekonomi imbas pandemi virus corona.

“Tadi malam, secara mengejutkan Uni Eropa berhasil meloloskan bantuan stimulus senilai 750 miliar euro. Selain itu, dolar Amerika Serikat (AS) yang cenderung melemah dalam beberapa hari terakhir membuat pelaku pasar beralih ke safe haven seperti emas, yang pada akhirnya menguntungkan perak juga,” jelas Ibrahim kepada Kontan.co.id, Rabu (22/7).

Baca Juga: Harga emas dan perak sentuh level tertinggi baru, berikut prospeknya

Seperti dikutip dari Bloomberg, analis Commonwealth Bank of Australia Vivek Dhar mengatakan, sama halnya seperti emas, perak juga diuntungkan oleh terus menurunnya yield AS.

“Kenaikan harga perak secara berkelanjutan masih mungkin terjadi, terlebih ketika permintaan mengalami kenaikan sementara dari supply berkurang,” kata Vivek seperti dikutip dari Bloomberg.

Ibrahim mengatakan, dua hal yang mungkin mengangkat harga perak semakin tinggi adalah kelanjutan pembahasan stimulus untuk tunjangan pengangguran di AS dan diterapkannya kembali lockdown terbatas di beberapa negara. Jika kembali ada pembatasan, tentu pemulihan ekonomi akan terganggu dan membuat permintaan safe haven kembali meningkat.

“Sementara jika RUU terkait stimulus sebesar US$ 1 triliun untuk tunjangan pengangguran diloloskan oleh senat dan kongres AS, ini juga bisa buat harga perak semakin terbang lagi,” lanjut Ibrahim.

Saat ini Ibrahim menyebut perak tengah menguji level resistance US$ 22,775 per ons troi. Dengan potensi terjadinya koreksi agar investor bisa melakukan aksi beli sebelum akhirnya kembali naik.

Baca Juga: Keluar dari bayang-bayang emas, harga perak melompat ke level tertinggi 3 tahun

Namun, untuk akhir tahun, Ibrahim menilai perak berpotensi terkoreksi. Hal ini dikarenakan pada kuartal IV-2020, negara-negara sepertinya sudah menemukan penawar pandemi virus corona sehingga harga perak terancam terkoreksi ke level US$ 20-an per ons troi pada akhir tahun.

Sementara untuk emas, Ibrahim mengatakan emas saat ini secara teknikal sudah masuk ke bollinger band dan tengah mengaji level resistance US$ 1.900 per ons troi. Ibrahim menilai jika stimulus US$ 1 triliun untuk tunjangan pengangguran disetujui, emas bisa menguji level US$ 1.920 per ons troi atau level tertingginya pada 2011 silam.

Harga emas di pasar spot pada pukul 18.00 WIB berada di level US$ 1.859,54 per ons troi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×