kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gelar akuisisi, recurring income PWON bisa naik


Selasa, 14 Oktober 2014 / 09:18 WIB
Gelar akuisisi, recurring income PWON bisa naik
ILUSTRASI. Kode Redeem Ragnarok Origin Mei 2023, Cek Sekarang dan Ambil Reward Berikut ini


Reporter: Dityasa H Forddanta | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pendapatan berulang atau recurring income emiten properti PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) bisa dipastikan bakal bertambah. Ini karena perseroan baru saja menuntaskan akuisisi pengelola superblok, yakni PT Pakuwon Permai.

"Jika menggunakan asumsi tahun buku semester I 2014, maka recurring income PWON akan bertambah 22%," ujar Presiden Komisaris & Founder PWON Alexander Tedja dalam keterangan tertulisnya, (14/10).

Pertumbuhan recurring income tersebut bisa tercapai lantaran pasca akuisisi ini, luas pusat perbelanjaan ritel PWON akan meningkat 53% menjadi 512.000 meter persegi dari sebelumnya 334.000 meter persegi. Lalu, kamar hotel PWON akan meningkat sebesar 41% dari 359 kamar menjadi 506 kamar.

Ke depan, perseroan akan terus memaksimalkan portofolio yang baru ini. Salah satu yang bakal menjadi kontributor recurring income secara signifikan adalah pengembangan Supermall Pakuwon Indah (SPI).

Saat ini, perseroan tengah melaksanakan konstruksi perluasan tahap kedua dan ketiga. Proyek ini terdiri atas pengembangan pusat perbelanjaan ritel, tiga menara kondominium, satu menara serviced apartment Ascott, hotel bintang 5 Pullman dan hotel bintang 3 Ibis Styles.  

"Setelah perluasan tahap kedua dan ketiga maka pusat perbelanjaan ritel SPI akan menjadi yang terbesar di Indonesia dengan luas sekitar 167.000 meter persegi," tulis Alexander.

Sejauh ini, PWON mempunyai porsi recurring income yang cukup besar, yakni sekitar 43% dari pendapatan. Sedangkan divisi development berkontribusi sekitar 57% terhadap pendapatan. Ke depan, PWON berusaha menjaga porsi ideal 50%-50%. Hal ini sekaligus sebagai penyeimbang di saat sektor properti melambat.

PWON mengakuisisi Pakuwon Permai dengan nilai akuisisi Rp 2,43 triliun. Sumber pendanaan akuisisi tersebut diambil dari hasil penerbitan surat utang US$ 200 juta yang diterbitkan perseroan beberapa waktu yang lalu.

Patut diketahui, Pakuwon Permai merupakan pemilik dan pengembang satu proyek superblok Supermal Pakuwon Indah (SPI) di Surabaya dan dua pusat perbelanjaan ritel Royal Plaza di Surabaya dan Blok M Plaza di Jakarta. Pakuwon Permai juga memiliki serviced apartment Somerset Berlian di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×