kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gaya Abadi Sempurna (SLIS) Gelar Rights Issue, Ini Jadwalnya


Selasa, 14 Februari 2023 / 16:20 WIB
Gaya Abadi Sempurna (SLIS) Gelar Rights Issue, Ini Jadwalnya
ILUSTRASI. Penjualan sepeda listrik Selis produksi PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) di Jakarta. SLIS akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Gaya Abadi Sempurna Tbk (SLIS) akan melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau rights issue.

Dalam rights issue ini, mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (14/2), SLIS akan mengeluarkan saham baru sebanyak-banyaknya 2 miliar lembar saham atau setara 50% dari modal ditempatkan disetor penuh perseroan dengan nilai nominal sebesar Rp 50.

HMETD akan dibagikan kepada para pemegang saham yang tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal 13 April 2023 atau recording date. Setiap pemilik 1  saham lama akan memperoleh 1 HMETD dan setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 saham baru.

Sementara periode perdagangan dan pelaksanaan HMETD pada 17 April  2023 sampai 28 April 2023.

Sebagai informasi, Selis Investama Indonesia (SII) adalah pemegang saham utama sekaligus pemegang saham pengendali SLIS dengan kepemilikan 68% atau sebesar 1.125.000.000 saham dan memiliki hak untuk memperoleh 1.125.000.000 HMETD.

Baca Juga: Kantongi Restu RUPSLB, Gaya Abadi (SLIS) Rights Issue 2 Miliar Saham

Berdasarkan surat pernyataan dalam rangka PMHMETD I PT Gaya Abadi Sempurna Tbk tanggal 10 Februari 2023, SII menyatakan tidak akan melaksanakan seluruh hak yang dimilikinya yaitu sebanyak 1.125.000.000 HMETD yang diterbitkan dalam rangka PMHMETD I.

Apabila saham-saham yang ditawarkan dalam PMHMETD I tersebut tidak seluruhnya diambil bagian oleh pemegang saham, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang saham HMETD lainnya.

Sebagai pemanis, SLIS juga akan menerbitkan 700 juta waran seri I atau sebanyak-banyaknya 35% akan diberikan secara cuma-cuma kepada pemegang saham yang melaksanakan PHMETD I.

Adapun, untuk setiap 100 saham baru hasil pelaksanaan HMETD akan mendapatkan 35 Waran Seri I bagi pemegang HMETD yang melaksanakan haknya.

Bila Waran Seri I tidak dilaksanakan sampai habis periode pelaksanaannya maka Waran Seri I tersebut menjadi kadaluarsa, tidak bernilai dan tidak berlaku.

Saham hasil pelaksanaan HMETD dan hasil pelaksanaan Waran Seri I yang ditawarkan melalui PMHMETD I seluruhnya merupakan saham yang akan dikeluarkan dari portepel SLIS dan akan dicatatkan dan diperdagangkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI).  

Rencananya, dana hasil rights issue akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja SLIS, melalui setoran modal kepada entitas anak usaha, yaitu PT Juara Bike akan digunakan untuk modal kerja.

Demikian juga seluruh dana hasil pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan sebagai setoran modal kepada SLIS untuk membeli persediaan seperti bahan baku, bahan jadi dan supporting materials, upah dan gaji, tunjangan dan biaya-biaya lainnya untuk memenuhi kebutuhan operasional.

Baca Juga: Gaya Abadi Sempurna (SLIS) Optimistis Kinerja Tumbuh Minimal 20% Tahun Ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×