kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.481.000   3.000   0,20%
  • USD/IDR 15.703   21,00   0,13%
  • IDX 7.557   53,01   0,71%
  • KOMPAS100 1.175   9,66   0,83%
  • LQ45 939   11,90   1,28%
  • ISSI 227   0,10   0,04%
  • IDX30 484   6,37   1,33%
  • IDXHIDIV20 584   9,51   1,66%
  • IDX80 134   1,12   0,85%
  • IDXV30 142   -0,56   -0,39%
  • IDXQ30 162   1,94   1,21%

Kasak Kusuk Temu Masuk ke Indonesia, Ini Efeknya ke GOTO, BUKA dan BELI


Selasa, 08 Oktober 2024 / 20:05 WIB
Kasak Kusuk Temu Masuk ke Indonesia, Ini Efeknya ke GOTO, BUKA dan BELI
ILUSTRASI. Efek rencana masuknya Temu ke Indonesia


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform perdagangan daring asal China yakni, Temu kian gencar untuk memasuki pasar Indonesia. Temu dikabarkan akan masuk ke Indonesia dengan menggandeng perusahaan Tanah Air. 

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sudah menolak kehadiran Temu di Indonesia. Untuk itu, nampaknya Temu bakal mengikuti jejak TikTok untuk menggandeng perusahaan e-commerce lokal.

Berbeda dari perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia, model bisnis Temu ialah direct to customer (D2C). Di mana, Temu langsung menjual produknya kepada konsumen tanpa perantara sehingga harga yang ditawarkan lebih murah. 

Bahkan ada rumor kalau PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menjadi target dari perusahaan asal Negeri Panda ini. KONTAN sudah mengkonfirmasi kabar ini, tetapi manajemen Bukalapak enggan untuk berkomentar. 

Baca Juga: E-Commerce Temu Dikabarkan Melirik Bukalapak (BUKA), Begini Respons Menkominfo

Senior Equity Research Analyst Mirae Asset Christopher Rusli menilai Temu tidak akan dapat mengeksekusi strategi serupa dengan TikTok Shop dengan mengakuisisi perusahaan e-commerce.

"Terutama karena situasi yang berbeda di sini. TikTok tidak dapat menjalankan bisnis karena TikTok mendaftarkan bisnis sebagai platform media sosial," tulisnya dalam riset yang dirilis, Senin (7/10).

Dalam kasus Temu, perusahaan China ini mengajukan sebagai bisnis e-commerce tetapi pada dasarnya. Menurut Christopher, akuisisi bisnis e-commerce lainnya tidak diperlukan.

Dia menilai kalau Temu tetap memutuskan untuk mengakuisisi platform e-commerce di Indonesia, maka perusahaan itu akan bertindak sebagai distributor produk Temu untuk bisa mematuhi peraturan perdagangan di Indonesia. 

"Ini akan membuat distribusi produknya legal, asalkan platform e-commerce tersebut beroperasi sesuai dengan undang-undang Indonesia, termasuk dari distribusi lokal dan tenaga kerja," kata Christopher.

Equity Research Analyst Kiwoom Sekuritas Indonesia Vicky Rosalinda menilai kehadiran Temu bisa menjadi ancaman yang serius bagi pasar lokal, tak hanya emiten e-commerce tetapi mengancam industri tekstil. 

"Masuknya Temu ke Indonesia dapat memicu bakar uang kembali untuk menarik pengguna baru dan mempertahankan pangsa pasar," jelasnya kepada Kontan, Selasa (8/10).

 

Efeknya BUKA, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan PT Global Digital Niaga Tbk (BELI), yaitu tekanan pada profitabilitasnya yang disebabkan pengeluaran yang meningkat selain itu juga adanya persaingan yang ketat ke depannya. 

Untuk itu, Vicky menilai ketiga emiten e-commerce itu perlu menyiapkan strategi baru ke depannya untuk mencegah terjadinya penurunan kinerjanya seperti dapat cepat beradaptasi sehingga meningkatkan kualitas layanan. 

Lebih lanjut, secara teknikal dia merekomendasi trading buy GOTO dengan target harga di kisaran Rp 65Rp 67. Kemudian untuk BUKA dan BELI, Vicky masih merekomendasikan wait and see. 

Sementara itu, Mirae Asset Sekuritas merekomendasikan beli GOTO dan BUKA dengan masing-masing target harga di Rp 80 dan Rp 160. Hingga akhir perdagangan Selasa (8/10), BUKA parkir di level Rp 147 dan GOTO di Rp 60. 

Selanjutnya: Van Nistelrooy Diunggulkan Sebagai Pengganti Ten Hag

Menarik Dibaca: Agritech Koltiva Bantu Rantai Pasokan Produk Pertanian Bisa Terlacak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×