kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garap Proyek Pengaman Pantai PIK, WSBP Suplai Spun Pile


Senin, 15 Mei 2023 / 06:05 WIB
 Garap Proyek Pengaman Pantai PIK, WSBP Suplai Spun Pile
ILUSTRASI. Dok.WSBP


Reporter: Belladina Biananda | Editor: Dina Hutauruk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mendiversifikasi proyek yang digarap. Tidak hanya berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur jalan tol, gedung, jembatan, dan bendungan, perusahaan juga menggarap proyek pengaman pantai. 

WSBP saat ini sedang menyuplai produk untuk Proyek Pengaman Pantai tahap 6 di Pantai Indah Kapuk (PIK). Nilai kontraknya mencapai Rp 99,59 miliar.

Perusahaan menyuplai produk spun pile berdiameter 800 mm dan panjang 24 meter tanpa sambungan menerus dengan tambahan aksesoris CT Joint yang berfungsi untuk mencegah permeabilitas air laut melalui celah spun pile. Sistem connector CT menggunakan beton grouting CT Joint. 

Proyek Pengaman Pantai Tahap 6 Paket 3 ini telah disuplai WSBP sejak awal Maret 2023 dan dikirim dari pabrik precast Karawang. Proses produksi spun pile untuk proyek pengaman pantai tersebut sudah mencapai 48,4% dengan jumlah 462 batang dari total produk yang diorder sebanyak 955 batang.

“Progress suplai proyek ini telah mencapai 27,2%. Kami lakukan pengiriman produk secara bertahap,”kata Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary WSBP dalam keterangan tertulisnya dikutip Senin (15/5).

Pda proyek pengaman pantai pada umumnya menggunakan CCSP. Sehingga penggunaan spun pile dalam proyek pengaman pantai merupakan hal yang khusus. Fandy bilang, hal itu dikarenakan tanggul Pengaman Pantai PIK membutuhkan moment crack (retakan momen) yang cukup besar sehingga dibutuhkan penggunaan spun pile CT Joint guna memenuhi moment yang dipersyaratkan dan memenuhi fungsi tanggul.

Kemampuan ini didukung pabrik precast plant serta sumber daya yang memadai, Manajemen WSBP optimis seluruh pesanan maupun pengerjaan proyek akan dapat diselesaikan dengan tepat waktu.“WSBP dapat membuktikan bahwa perusahaan memiliki keunggulan baik secara kapasitas, kemampuan dalam menyelesaikan proyek juga di dalamnya pengiriman produk secara tepat waktu,” ujarnya. 

WSBP menargetkan suplai produk pengaman pantai paket 3 tersebut bisa rampung pada akhir kuartal II ini.  Selanjutnya, WSBP juga akan menyuplai Proyek Pengaman Pantai Tahap 6 Paket 4 pada pertengahan Mei 2023. 

Harapannya setelah proyek ini selesai, produk spun pile WSBP dapat melindungi pantai PIK dari kerusakan yang disebabkan oleh serangan gelombang dan arus laut serta dpat menjadi pariwisata baru yang menarik bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya.
 
Sebagai informasi, WSBP sebelumnya juga telah berkontribusi dalam pembangunan pengaman pantai di wilayah lain, yaitu menyuplai produk Tetrapod (spesifikasi K-350; dimensi 1,2 m) yang digunakan sebagai pengaman pantai di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dan telah selesai pengiriman produknya pada akhir tahun 2022 sebanyak 2.051 buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×