kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,87   -4,49   -0.48%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garap kereta Makassar-Parepare, PTPP dapat pinjaman dari IIF, SMI dan BSI


Jumat, 04 Juni 2021 / 12:33 WIB
Garap kereta Makassar-Parepare, PTPP dapat pinjaman dari IIF, SMI dan BSI
ILUSTRASI. Logo grup PT PP.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP Tbk (PTPP) melalui entitas asosiasi, yaitu PT Celebes Railway Indonesia (CRI) telah melakukan penandatanganan fasilitas sindikasi pinjaman berjangka senior dan pembiayaan musyarakah mutanaqisah. 

Fasilitas pembiayaan tersebut akan digunakan untuk penyelenggaraan prasarana perkeretaapian umum Makassar-Parepare yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Selatan. Penandatangan tersebut dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Acara penandatanganan yang dilaksanakan pada Kamis (3/6) di Hotel Ritz Carlton Jakarta dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Zulfikri, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia Luky Alfirman. 

Kemudian Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PTPP Agus Purbianto, Direktur Utama CRI Helmi Adam, Presiden Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) Reynaldi Hermansjah, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur(SMI) Edwin Syahruzad, dan Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk Hery Gunardi. 

Baca Juga: PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Terlibat Dalam Sindikasi Kredit Rp 693,83 Miliar

Penandatanganan fasilitas sindikasi tersebut ditandatangani oleh CRI, dan para lender yang terdiri dari IIF, SMI, dan BSI dan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan. 

Proyek pembangunan jalur Kereta Api Makassar – Parepare merupakan proyek pembangunan kereta api pertama di Indonesia yang menggunakan skema KPBU dan skema pembayaran ketersediaan layanan. 

Jalur kereta api tersebut ditargetkan dapat beroperasi secara komersial di 2022 untuk melayani Provinsi Sulawesi Selatan yang meliputi lima Kabupaten atau Kota yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar, dan Kota Parepare. 

Nantinya, jalur Kereta Api Makassar–Parepare tersebut akan berperan sebagai sarana transportasi untuk mendukung permintaan angkutan penumpang dan perpindahan barang serta membangun konektivitas nasional.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh Pemerintah, proyek pembangunan jalur Kereta Api Makassar – Parepare ini diharapkan dapat memberikan dampak langsung maupun tidak langsung pada percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua lenders yang telah memberikan kepercayaan kepada CRI selaku entitas asosiasi PTPP. Kami yakin dana yang dihimpun dari sindikasi pembiayaan ini akan sangat berguna untuk mempercepat pembangunan proyek jalur Kereta Api Makassar-Parepare beserta infrastruktur pendukungnya," ujar Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP kepada media.

Novel menambahkan komitmen PTPP untuk menyelesaikan program infrastruktur nasional tersebut juga harus dibarengi dengan strategi pendanaan yang konservatif. 

Selanjutnya: PTPP siapkan sejumlah strategi untuk jaga rasio likuiditas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×