kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Gaet penjualan saat Ramadan, ACE Hardware (ACES) dan MAPI gencarkan platform online


Selasa, 21 April 2020 / 18:45 WIB
Gaet penjualan saat Ramadan, ACE Hardware (ACES) dan MAPI gencarkan platform online
ILUSTRASI. Target Gerai Ace Hardware: Suasana gerai Ace Hardware, Pamulang, Tangerang Selatan


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi virus corona di Indonesia membuat para perusahaan retail memutar otak untuk tetap beroperasi. Terlebih lagi, bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri semakin dekat.

Sebagaimana diketahui, Ramadan dan Lebaran biasanya menjadi momentum bagi perusahaan retail untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, pada masa ini, masyarakat terbiasa membeli pakaian, aksesoris, hingga perlengkapan rumah baru.

PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) misalnya, tetap melayani pelanggannya melalui beragam saluran berbelanja, baik offline maupun online. 

Marketing Director Kawan Lama Group (induk perusahaan ACES) Nana Puspa Dewi mengatakan, sebagian besar gerai Ace Hardware tetap buka.

Baca Juga: Indeks Penjualan Riil tertekan, simak rekomendasi saham emiten ritel

"Toko yang tutup itu yang berada di mal saja karena mengikuti kebijakan operasional mal. Dan tidak semua mal tutup, hanya mal tertentu saja," ungkap dia saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (21/4). 

Menurut Nana, pihaknya melakukan general cleaning menggunakan cairan disinfektan secara berkala pada toko-toko ACES.

Di tiap gerai yang buka, Ace Hardware Indonesia juga menyediakan hand sanitizer bagi pelanggan, tanda khusus untuk menjaga jarak di antrean kasir, serta menyarankan pelanggan untuk bertransaksi secara non-tunai menggunakan kartu atau pembayaran digital. Selain itu, karyawan ACES menjalankan protokol kebersihan dan keamanan saat melayani pelanggan.

Kemudian, ACES juga menyediakan saluran pembelian secara online yang dapat dilakukan melalui www.acehardware.co.id/shop atau di ruparupa.com yang merupakan authorized online retailer dari Kawan Lama Group. Pelanggan juga dapat melalukan pemesanan melalui aplikasi WhatsApp.

Untuk kemudahan pembayaran, ACES menyediakan beragam pilihan pembayaran. Mulai dari fasilitas cicilan 0% menggunakan kartu kredit, cicilan tanpa kartu kredit menggunakan Danakini (perusahaan pembiayaan di bawah Kawan Lama Group), kartu debit, pembayaran digital, hingga transfer antar-bank.

Tak mau ketinggalan, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) atau MAP juga telah menyiapkan strategi untuk menghadapi pandemi ini. Perusahaan retail yang menyediakan produk fashion, olahraga, anak-anak, perjalanan, kecantikan, food and beverage, digital hingga mengoperasikan supermarket dan department store ini menyediakan saluran berbelanja online, seperti MAPEMALL, PlanetSports.asia, Zara.id, dan Sephora.id.

Baca Juga: Ada corona, Mitra Adiperkasa (MAPI) belum tetapkan patokan bisnis dan capex

Dalam keterangan tertulis, Rabu (8/4), VP Investor Relations & Corporate Communications MAPI Ratih D. Gianda mengatakan, saluran-saluran ini terbukti dapat meningkatkan penjualan digital MAP pada kuartal I-2020 sebesar lebih dari 160% dibanding triwulan pertama 2019.

Ini juga didukung dengan promosi dan program loyalitas eksklusif MAP, yakni MAP Club yang saat ini memiliki lebih dari 3 juta pelanggan aktif. Sementara itu, untuk toko offline-nya, MAP mengurangi jam kerja di toko ataupun menutupnya secara penuh, tergantung arahan dari otoritas lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×