kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

EUR/JPY bergerak fluktuatif, analis sarankan beli


Selasa, 11 Desember 2018 / 19:29 WIB
EUR/JPY bergerak fluktuatif, analis sarankan beli
ILUSTRASI. Berbagai mata uang dunia


Reporter: Dimas Andi | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan pasangan EUR/JPY masih tergolong fluktuatif seiring minimnya sentimen positif dari kedua pasangan tersebut dalam beberapa waktu terakhir.

Mengutip Bloomberg pada Selasa (11/12) pukul 18.45 WIB, pasangan EUR/JPY menguat tipis 0,11% ke level 128,85. Beberapa saat sebelumnya, pasangan ini sempat mengalami pelemahan.

Analis Asia Trade Point Futures Andri Hardianto menyampaikan, akhir-akhir ini pasangan EUR/JPY bergerak dalam rentang yang pendek di tengah minimnya sentimen positif yang bisa mengangkat mata uang euro ataupun yen secara signifikan.

Euro masih dirundung sejumlah sentimen negatif. Salah satunya adalah masalah krisis anggaran belanja Italia yang belum kunjung kelar. Partai populis sayap kanan yang berkuasa di Italia masih enggan merevisi anggaran belanja di negara tersebut sesuai kehendak Komisi Eropa.

Masalah ini pun merambat ke ranah politik setelah munculnya kekhawatiran bahwa Italia akan keluar dari Uni Eropa.

Di samping itu, aksi demonstrasi kenaikan harga BBM dan masalah perpajakan di Prancis secara tidak langsung mempengaruhi pergerakan euro di pasar. “Euro juga terpapar dampak negatif akibat tertundanya voting proposal Brexit di kalangan parlemen,” tambah Andri, hari ini.

Katalis positif bagi euro sejauh ini hanya berasal dari data-data ekonomi yang dirilis. Misalnya, data indikator sentimen ekonomi di Jerman yang naik 6,6 poin di bulan Desember menjadi minus 17,5 ketika dirilis hari ini.

Sementara itu, mata uang yen masih dalam tekanan setelah setelah beberapa data ekonomi Jepang mengalami pelemahan. Ambil contoh, data pertumbuhan ekonomi final Jepang kuartal III yang turun 0,6% (qoq). Surplus current account defisit Jepang juga berkurang menjadi 1,21 triliun yen ketika dirilis pada awal pekan ini.

“Sejauh ini yen hanya bisa menguat karena terbantu statusnya sebagai aset safe haven di tengah pelemahan dollar AS,” kata Andri.

Ia pun meyakini, volatilitas pasangan EUR/JPY masih bisa berlanjut di sisa bulan Desember nanti selama belum ada sentimen positif dari sisi fundamental.

Secara teknikal, pasangan EUR/JPY bergerak di MA50, MA100, dan MA200. Indikator RSI berada di level 56, stochastic di level 71,9, sedangkan moving average convergence (MACD) berada di level 0,030. Seluruh indikator tersebut mengindikasikan beli.

Dengan demikian, Andri merekomendasikan buy pasangan ini dengan support di level 128,22 – 127,90 – 127,50 dan resistance di level 128,90 – 129,26 – 129,58.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×