kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emtek Jadi Emiten Pertama BEI pada 2010


Kamis, 31 Desember 2009 / 13:15 WIB


Sumber: KONTAN | Editor: Test Test

JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) akan segera menggelar masa penawaran umum saham perdana ke publik atau initial public offering (IPO) pada hari pertama perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2010. Rencananya, penawaran berlangsung tanggal 4 Januari-6 Januari 2010.

Pasalnya, Emtek sudah mendapatkan lampu hijau dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) untuk melaksanakan aksi korporasi itu. "Kami sudah mendapat pernyataan efektif dari Bapepam-LK hari ini," kata Sekretaris Perusahaan Emtek, Titi Maria Rusli, kemarin (30/12).

Emtek akan menjadi emiten tamu pertama BEI pada tahun depan. Induk usaha PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) ini akan mencatatkan sahamnya di BEI 11 Januari 2010.

Emtek akan menjual 512,73 juta saham, yang terdiri atas saham baru dan lama. Jumlah ini setara dengan 10% dari total saham. Sedangkan harga penawarannya Rp 720 per saham. Jadi, dana yang diperoleh dari hasil IPO itu mencapai Rp 369,17 miliar.

Separuh dana IPO yang merupakan hasil penjualan saham baru akan masuk kantong Emtek. Perusahaan media dan teknologi informasi ini akan menggunakan dana itu untuk membiayai belanja modal tahun depan, modal kerja, membayar utang, dan pengembangan usaha.

Separuhnya dana hasil IPO sisanya, yang merupakan hasil penjualan saham lama akan masuk ke kantong pemilik lama Emtek. Mandiri Sekuritas bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi IPO Emtek. Selain itu, 16 perusahaan sekuritas akan membantu penjualan. Beberapa di antaranya adalah AAA Sekuritas, Victoria Securities, Yulie Sekurindo, dan Panin Sekuritas. "Kami tidak membatasi, penjualan terbuka untuk semua investor," imbuh Titi.

Beberapa calon emiten lain siap masuk bursa di awal tahun depan. Saat ini, Bapepam-LK masih memproses izin efektif IPO PT Pembangunan Perumahan, PT Benakat Petroleum Energy, PT Megapolitan Developments, dan PT Sarana Menara Nusantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×