kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emtek (EMTK) akan mengakuisisi Bank Fama dengan dana internal


Jumat, 05 November 2021 / 15:58 WIB
Emtek (EMTK) akan mengakuisisi Bank Fama dengan dana internal
ILUSTRASI. Elang Mahkota Teknologi (EMTK) melalui anak usahanya Elang Media VIsitama (EMV) akan mengakuisisi 93% saham Bank Fama.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) akan mengakuisisi 93% saham PT Bank Fama International. Akuisisi akan dilakukan oleh PT Elang Media Visitama, anak usaha yang dimiliki langsung oleh Emtek.

"Elang Media Visitama berencana membeli 9,09 miliar saham Bank Fama dengan nilai nominal Rp 908,95 miliar, mewakili 93% dari seluruh modal yang ditempatkan dan disetor dalam Fama setelah semua persyaratan yang disepakati dan diwajibkan berdasarkan peraturan perundang-undangan terpenuhi," ungkap Titi Maria Rusli, Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Teknologi dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (5/11).

Titi mengungkapkan bahwa pendanaan transaksi akuisisi akan menggunakan dana internal Elang Media Visitama.

Sekadar informasi, Emtek memiliki 99,99% saham Elang Media Visitama. Perusahaan yang mulai beroperasi tahun 2015 ini bergerak di bidang perdagangan. Menurut laporan keuangan EMTK per akhir September 2021, Elang Media Visitama memiliki total aset sebelum eliminasi Rp 1,96 triliun.

Baca Juga: Akuisisi Bank Fama, Anak Usaha Elang Mahkota Teknologi (EMTK) Bakal Jadi Pengendali

Berdasarkan prospektus akuisisi yang diterbitkan Bank Fama, Jumat (5/11), pengambilalihan akan dibiayai melalui pendanaan internal Elang Media Visitama melalui tambahan setoran modal yang dilakukan oleh Emtek. Setoran modal tersebut telah dilakukan sehingga Elang Media Visitama menjamin bahwa pembiayaan tersebut tidak berasal dari pinjaman atau fasilitas pembiayaan dalam bentuk apapun dari bank atau pihak lain di Indonesia dan bukan berasal dari dan untuk tujuan pencucian uang.

Grup Emtek akan mengakuisisi 4,43 miliar saham yang dimiliki oleh Junus Jen Suherman, 1,7 miliar saham yang dimiliki Edi Susanto, 1,7 miliar saham yang dimiliki Dewi Janti, dan 1,25 miliar saham yang dimiliki PT Surya Putra Mandiri Sejahtera.

Elang Media Visitama mencaplok Bank Fama sejalan dengan rencana bisnis jangka panjang untuk mengembangkan usahanya di Indonesia, termasuk untuk mendukung gerakan pemerintah  dalam meningkatkan literasi keuangan dan akses perbankan pada sektor UMKM.

Dalam rangka akuisisi ini, Bank Fama akan menggelar RUPSLB pada 5 Desember 2021 dan Elang Media Visitama pada 6 Desember.  Pengajuan permohonan pengambilalihan ke OJK  akan dilakukan pada 8 Desember 2021 dan diperkirakan akan dapat restu OJK pada 22 Desember. Proses akuisisi ini ditargetkan rampung pada pada 28 Desember 2021 setelah mendapat pernyataan dari Kemenkumham.

Baca Juga: Pendapatan Elang Mahkota Teknologi (EMTK) naik, simak rekomendasi sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×