kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emiten Perbankan Cetak Kinerja Ciamik, Simak Rekomendasi Analis


Kamis, 21 April 2022 / 18:08 WIB
Emiten Perbankan Cetak Kinerja Ciamik, Simak Rekomendasi Analis
ILUSTRASI. Nasabah melalukan transaksi keuangan di kantor cabang BNI Tangerang Selatan, Rabu (9/2). Emiten Perbankan Cetak Kinerja Ciamik, Simak Rekomendasi Analis.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham-saham besar dan bank pelat merah berlanjut menguat pada perdagangan Kamis (21/4) setelah kenaikan cukup kencang pada hari sebelumnya. Sejumlah analis melihat kenaikan ini dipengaruhi oleh perbaikan kondisi ekonomi dan proyeksi kinerja kuartalan yang semakin membaik.

Saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) tercatat naik paling kencang dalam dua hari terakhir. Berdasarkan data RTI, saham bank ini meningkat 4,5% ke level Rp 9.375 pada penutupan perdagangan Kamis, setelah pada hari sebelumnya naik 6,5%.  Sepanjang tahun ini, BBNI telah menguat 38,9%. 

Saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) ditutup melonjak 5,7% ke level Ro 8.300 setelah di hari sebelumnya naik 3,6%. Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) ditutup naik 3,6% ke level Rp 7.925. 

Sementara saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) terkoreksi 1% setelah pada Rabu meningkat 6,1% menyentuh level all time high. Saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) ditutup naik 5,7% ke level Rp 1.760 setelah hari sebelumnya meningkat 2,1%.

Baca Juga: BNI Dorong Peningkatan Ekonomi Diaspora di Amerika

Suria Dharma Kepala Riset Samuel Sekuritas mengatakan, kenaikan saham perbankan ini sebagai respons terhadap musim rilis laporan keuangan kuartalan dimana kinerja bank diperkirakan membaik di kuartal I 2022.

"BBCA sudah merilis laba bersihnya naik 14,6% year on year (YoY) kuartal I. Bank pelat merah akan rilis laporan keuangan minggu depan," kata Suria pada KONTAN, Kamis (21/4). 

Senada, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus juga melihat kenaikan ini dipengaruhi proyeksi kinerja perbankan yang semakin membaik.

Dia melihat, situasi pemulihan ekonomi saat ini menjadi momentum bagi perbankan untuk menorehkan perbaikan kinerja. Pemulihan ekonomi akan semakin mendorong penyaluran kredit. Per Maret 2021, Bank Indonesia mencatat kredit perbankan telah tumbuh 6,65%.

"Ini jadi katalis pendukung kenaikan saham perbankan. Sementara Saham BBNI semakin diminati karena bank sudah kerjasama dengan Kadin untuk mendukung produk UMKM go glonbal," jelasnya. 

Baca Juga: Punya Fundamental Kokoh dan Prospek Menarik, Simak Rekomendasi Saham BBNI




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×