kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas Spot Turun (16/10), Tapi Perang Israel-Hamas Menjaga Harga di Atas US$1.900


Senin, 16 Oktober 2023 / 19:54 WIB
Emas Spot Turun (16/10), Tapi Perang Israel-Hamas Menjaga Harga di Atas US$1.900
ILUSTRASI. Harga emas


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas turun pada hari Senin (16/10) karena aksi jual teknikal setelah rally yang kuat di sesi sebelumnya.

Meskipun, kekhawatiran atas potensi eskalasi konflik di Timur Tengah membuat emas tetap berada di atas level psikologis US$1.900 per ons troi.

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,9% menjadi US$1.915,19 per ons troi pada pukul 1012 GMT setelah mencapai level tertinggi sejak 20 September pada awal sesi. Sementara, harga emas berjangka AS turun 0,7% menjadi US$1.927,80.

"Emas bertahan dengan baik karena kita masih memiliki banyak ketidakpastian terkait Timur Tengah dan potensi hal tersebut berkembang menjadi sesuatu yang sangat serius," kata Ole Hansen, head of commodity strategy Saxo Bank dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Harga Emas Naik Signifikan karena Perang di Gaza

"Kita perlu melihat apakah ada pergerakan yang cukup dalam obligasi dan dolar untuk mendukung level saat ini atau eskalasi lebih lanjut di Timur Tengah, yang diperlukan untuk mengirim harga emas lebih tinggi."

Emas, yang sering digunakan sebagai penyimpan nilai yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan, melonjak 3,4% pada hari Jumat. Merupakan kenaikan satu hari terbesar dalam tujuh bulan terakhir karena kuatnya permintaan safe haven dan aksi jual.

Israel membantah pada hari Senin bahwa gencatan senjata telah disepakati di Gaza selatan, setelah sumber-sumber keamanan di Mesir sebelumnya mengatakan bahwa kesepakatan telah dicapai untuk menghentikan serangan dan mengizinkan orang asing untuk pergi dan bantuan masuk ke wilayah tersebut.

"Investor semakin mencari peluang investasi yang stabil selama periode seperti itu, dan emas sekali lagi memenuhi ekspektasi ini," kata Alexander Zumpfe, seorang pedagang logam mulia di Heraeus.

Sementara para investor menunggu kabar terbaru mengenai perang Israel-Hamas, pidato Ketua The Fed Jerome Powell pada akhir pekan ini juga akan menjadi fokus untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut mengenai jalur suku bunga AS.

Baca Juga: Harga Emas Antam Naik Rp 1.000 Hari Ini 16 Oktober, Cek Daftar Lengkapnya

Pasar memperkirakan sekitar 90% kemungkinan bahwa Fed akan membiarkan suku bunga tidak berubah pada pertemuan kebijakan mereka bulan depan, menurut CME FedWatch Tool.

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,7% menjadi US$22,55 per ons troi, platinum turun 0,6% menjadi US$875,39, dan paladium turun 1,7% menjadi US$1.128,19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×