kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emas Jadi Pilihan Instrumen Investasi Bagi Pemula, Begini Tipsnya


Kamis, 17 Agustus 2023 / 18:36 WIB
Emas Jadi Pilihan Instrumen Investasi Bagi Pemula, Begini Tipsnya
ILUSTRASI. Petugas menata emas Antam


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emas sebagai instrumen investasi dikenal sebagai safe haven, tidak heran di tengah gempuran beragam pilihan investasi, masih tetap menjadi difavoritkan.

Director Kiwoom Sekuritas Indonesia Chang-kun Shin menyarankan, setidaknya bagi pemula yang ingin mulai berinvestasi juga memiliki instrumen emas di portofolionya.

"Menurut saya, untuk pemula ambil portfolio yang aman bisa ambil emas sekitar 10% dari total investasi," jelas Shin.

Meski begitu, Shin menyebutkan dalam berinvestasi emas tetap memperhatikan waktu. Apalagi seperti saat ini, menurut Shin, emas tengah difavoritkan karena kondisi global, sehingga harganya pun kerap mencapai rekor terbaru.

Baca Juga: Harga Emas Antam Turun Rp 3.000 Menjadi Rp 1.060.000 Per Gram Pada Hari Ini (17/8)

"Tetap menjadi pilihan, untuk yang sudah memiliki emas dalam portofilonya bisa mempertahankan hingga posisi 20% dari investasi yang ada," tegas Shin.

Di sisi lain, dalam berinvestasi jangan lupa untuk mengenali profil risiko masing-masing, tujuan berinvestasi, dan juga kemampuan finansial.

Selain itu, pastikan keamanan dan keaslian emas juga faktor penting yang perlu diperhatikan. Terlebih jika investasi emas perhiasan karena kadar emas pada emas perhiasan bervariasi yang berpengaruh pada harga emas.

Sementara untuk logam mulia atau emas batangan saat ini keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias Antam semua sudah bersertifikat.

Emas Antam keluaran baru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasan emasnya atau delaminating atau biasa disebut Certicard.

Terbaru, Antam melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia, dalam edisi kemerdekaan, menghadirkan emas batangan tematik ilustrasi "Ragam Tarian Daerah Indonesia”.

Baca Juga: Harga Emas Spot Turun Setelah Notula Rapat The Fed Keluar

Sekretaris Perusahaan Antam Syarif Faisal Alkadrie mengatakan, tari-tarian Nusantara memiliki kedalaman dan keberagaman budaya Indonesia yang kaya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tarian tradisional dengan makna dan cerita yang unik, menjadi bagian penting dalam ekspresi seni dan budaya masyarakat Indonesia, terlihat dalam upacara adat, perayaan, dan acara kebudayaan.

“Tari Nusantara merupakan suatu bentuk penghargaan dan penghormatan yang diberikan oleh Antam terhadap kekayaan budaya yang ada di Indonesia,” jelas Faisal.

Gift Series Tari Nusantara ini hadir dalam gramasi emas sebesar 0,5 gram dengan security specification memiliki invisible ink dibagian depan dan belakang dan dilengkapi dengan QR Code.

Gift Series Tari Nusantara dapat diperoleh di seluruh Butik Emas Logam Mulia Pameran Resmi yang dilaksanakan Antam, dan juga secara online.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Catat, Untuk Pemula yang Ingin Investasi, Sekarang Saatnya Beli Emas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×