kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ekspektasi penurunan suku bunga AS makin gencar, imbal hasil SUN berpotensi turun


Rabu, 04 September 2019 / 09:27 WIB
Ekspektasi penurunan suku bunga AS makin gencar, imbal hasil SUN berpotensi turun
ILUSTRASI. Pasar Modal

Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Imbal hasil Surat Utang Negara (SUN) diperkirakan turun pada perdagangan Rabu (4/9). Hal ini didorong oleh turunnya imbal hasil US Treasury seiring melemahnya data ekonomi AS.

Sebagai informasi, imbal hasil US Treasury tenor 10 tahun pada Selasa malam lalu turun 4 bps ke level 1,47%, sedangkan imbal hasil US Treasury tenor 30 tahun turun 4 bps ke level 1,96%. Penurunan terebut disebabkan ekspektasi para investor bahwa Federal Reserve akan memotong suku bunga acuan di bulan ini setelah data ISM manufaktur AS mengalami kontraksi.

Baca Juga: Bahana TCW menerbitkan efek beragun aset (EBA) kredit pensiunan

Ekspektasi penurunan suku bunga acuan AS juga membuat pasar obligasi domestik berpotensi bergerak positif pada hari ini, meski kemarin Indonesia Composite Bond Index (ICBI) turun 0,11%.

“Para pelaku pasar juga akan menunggu data PMI China dan Uni Eropa untuk mengetahui arah kebijakan moneter ECB bulan ini,” ungkap Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Ahmad Mikail Zaini dalam riset harian yang diterima Kontan.co.id.

Baca Juga: SBR008 Tawarkan Kupon Mini 7,20% premium

Dengan demikian, Mikail memproyeksikan imbal hasil SUN tenor 10 tahun akan bergerak turun di kisaran 7,30%--7,36% pada hari ini.

Adapun seri SUN yang direkomendasikan pada hari ini antara lain PBS014, PBS022, FR0078, FR0079, FR0081, FR0082, dan FR0080.


Tag


TERBARU

Close [X]
×